Kiat Bahagia agar Hidup Tetap Awet Muda

Kiat Bahagia agar Hidup Tetap Awet Muda

Ilustrasi (Foto: Sheknows)

SEMUA orang harus merasa bahagia setiap hari karena membuat hidup tetap awet muda. Lakukan kiatnya yang mudah dijalani untuk mencegah penyakit di usia tua nanti.

Spesialis Geriatri Prof Dr dr Siti Setiati SpPD-KGer MEpid FINASM membeberkan kiat bahagia untuk mencegah penyakit tua, semisal demensia. Simak tipsnya berikut ini dirangkum Okezone, Jumat (19/5/2017).

Berat badan dikurangi supaya ideal

Semua orang harus berusaha punya berat badan ideal. Karena itu, jaga makan dan aktivitas fisik rutin setiap hari. Jangan sampai Anda mengalami obesitas yang memicu banyak penyakit.

Atur makanan supaya seimbang

Janganlah makan berlebihan, atur kalori dengan cara kurangi karbohidrat dan tambah sumbet protein. Perbanyak makan sayur, buah dan ikan setiap hari.

Hobi manfaatkan

Setiap orang pasti punya hobi yang disukai. Manfaatkan hobi, seperti bernyanyi, dansa, menari, olahraga, dan lainnya. Cara ini dapat memperlambat kepikunan karena otak kanan dipakai terus.

Gerak badan teratur

Usahakan gerakkan badan setiap 30 menit per hari sebanyak lima kali seminggu. Gerak badan tidak harus berlari lho. Anda bisa naik-turun tangga rumah atau gedung, bersepeda, jalan cepat saat menuju satu tempat, dan lainnya.

Iman dan takwa kuatkan

Setiap orang harus bisa menurunkan stres. Tetaplah berpikir positif sepanjang hari.

Awasi kesehatan secara teratur

Setiap orang disarankan untuk mengawasi kesehatan secara berkala. Periksakan kesehatan Anda ke dokter. Mulai dari tes gula darah, kolesterol, tekanan darah tinggi, kepadatan tulang, kontrol berat badan, dan sebagainya.

(hel)

Baca Juga

Awas! Konsumsi Makanan Manis Berlebihan saat Buka Puasa Bisa Picu Kanker

Awas! Konsumsi Makanan Manis Berlebihan saat Buka Puasa Bisa Picu Kanker