Cek Tekanan Darah Penting untuk Cegah Komplikasi Hipertensi

Cek Tekanan Darah Penting untuk Cegah Komplikasi Hipertensi

Ilustrasi (Foto: Today)

AKIBAT sedentary lifestyle, hipertensi membunuh banyak penduduk dunia. Diperkirakan jumlah penderitanya akan meningkat di tahun 2025.

Mengingat hipertensi merupakan salah satu faktor risiko penyakit jantung, komplikasi kehamilan, diabetes, demensia, dan penyakit degeneratif lainnya, penting bagi Anda untuk mencegahnya. Caranya yaitu cek tekanan darah rutin minimal setiap tiga bulan sekali.

"Tekanan darah harus dipantau secara teratur. Karena merupakan barometer kesehatan, gejalanya juga sering tiba-tiba silent killer," ujar Presiden Yayasan Peduli Jantung India Padma Shri, dilansir Timesofindia, Jumat (19/5/2017).

WHO menyebutkan, aneka sedentary lifestyle yang memicu hipertensi yaitu akibat stres meningkat, merokok, konsumsi alkohol dan tidak menjaga pola makan dengan baik.

Faktanya, masyarakat banyak yang belum sadar akan hal ini. Padahal hipertensi memicu banyak penyakit yang cepat mengancam nyawa Anda.

Komplikasinya bisa berupa penyakit jantung, stroke, diabetes, gagal jantung, kelainan otak, depresi, dan masih banyak lainnya. Saat ini usia penderita hipertensi masih tergolong produktif, kisaran usia 30-50 tahun.

(hel)

Baca Juga

Jangan Lagi <i>Deh</i> Konsumsi 3 Makanan ini saat Berbuka Puasa

Jangan Lagi Deh Konsumsi 3 Makanan ini saat Berbuka Puasa