Perhatian! Libur Cuti seperti Ini Tidak Menyehatkan Tubuh

Perhatian! Libur Cuti seperti Ini Tidak Menyehatkan Tubuh

Ilustrasi (Foto: Spectator)

BILA Anda diberi libur cuti dua minggu, apa yang Anda lakukan? Umumnya, kebanyakan orang memanjakan diri mereka tanpa berolahraga.

Dua minggu tidak aktif pada orang muda yang sehat dapat mengurangi massa otot dan menyebabkan peningkatan risiko terkena diabetes tipe 2 dan penyakit jantung, menurut penelitian University of Liverpool.

Situs Telegraph sebelumnya menyebutkan, liburan dua minggu bisa meningkatkan peluang kematian.

Sebuah studi yang dipresentasikan di European Congress on Obesity di Portugal. Mereka melibatkan 28 sukarelawan sehat yang aktif secara fisik dengan usia rata-rata 25 tahun.

Subyek menjalani pemeriksaan kesehatan menyeluruh dengan mengukur massa lemak dan otot, serta kebugaran fisik secara keseluruhan.

Selama dua minggu, relawan mengurangi aktivitas fisik mereka lebih dari 80 persen. Sebagian besar waktu mereka dihabiskan dengan melakukan aktivitas sedentary atau menetap.

Dalam periode dua minggu, periset mengamati perubahan komposisi tubuh yang signifikan, termasuk peningkatan jumlah lemak tubuh dan hilangnya massa otot. Mereka memerhatikan bahwa akumulasi lemak tubuh sentral dapat meningkatkan riisko penyakit kronis.

Subyek tidak lagi menjalankan jarak atau latihan yang sama dengan tingkat intensitas yang sama seperti sebelumnya.

"Perubahan tersebut dapat menyebabkan penyakit metabolik kronis dan kematian dini. Hasil ini menekankan betapa pentingnya tetap aktif secara fisik," terang Dan Cuthbertson, penulis utama studi.

Aktivitas fisik adalah kunci untuk menghindari penyakit dan komplikasi kesehatan. Tetaplah berolahraga dan aktif bergerak, meskipun Anda mengambil cuti liburan. Demikian disadur dari Spectator, Jumat (19/5/2017).

(hel)
Berita Rekomendasi Cuti yang Tidak Sehat

Baca Juga

Sering- Sering Tertawa Mulai Sekarang karena Bisa  Terhindar dari Stres Kronis

Sering- Sering Tertawa Mulai Sekarang karena Bisa Terhindar dari Stres Kronis