Kegiatan Rutin untuk Cegah Pikun di Usia Lanjut

Kegiatan Rutin untuk Cegah Pikun di Usia Lanjut

Ilustrasi (Prescisionnutrition)

DEMENSIA atau pikun bisa dicegah sejak muda. Anda harus rajin beraktivitas fisik dan asah otak terus-menerus dengan belajar.

Tak cuma itu, Anda juga harus melakukan banyak hal yang bisa mencegah kepikunan di usia tua. Simak ulasan berikut yang dipaparkan oleh Prof Dr dr Siti Setiati SpPD-KGer MEpid FINASM, dirangkum Okezone:.

Latihan fisik

"Exercise-lah, terus gerak supaya sirkulasi darah ke otak lancar," ucap Prof Ati, ditemui di kawasan Gondangdia, Jakarta Pusat.

Latihan fisik tak hanya olahraga ekstra tenaga seperti lari. Anda juga bisa jalan kaki, naik turun tangga, membersihkan rumah, dan lainnya.

Banyak pelajari hal baru

Otak setiap hari harus diasah, hal ini bisa memperlambat demensia. Sejak muda jangan malas belajar karena bisa memperlambat usia Anda. Apapun hal baru yang Anda temui jangan dianggap remeh.

"Banyak belajar bisa mencegah demensia. Karena otak kanan terus dipakai setiap hari," tambah dr Atie.

Konsumsi makanan sehat

Anda harus membiasakan diri makan buah dan sayur. Perbanyak pula asupan sumber protein yang kaya omega-3. Ini sangat bagus untuk menjaga kesehatan otak secara berkala.

Manajemen aktivitas

Setiap orang harus menerapkan manajemen aktivitas. Jangan abaikan waktu untuk istirahat. Usahakan tidak terlalu lelah, perbanyak waktu tidur malam sepanjang hari.

(hel)

Baca Juga

Bahaya Perlemakan Hati, Meningkatkan Risiko Hepatitis hingga Sirosis

Bahaya Perlemakan Hati, Meningkatkan Risiko Hepatitis hingga Sirosis