Liburan ke Banyuwangi? Jangan Lupa Cicipi Durian Merah nan Unik Ini

SEBAGAI salah satu negara beriklim tropis, Indonesia memiliki beragam kekayaan alam yang tidak dimiliki negara-negara lain. Salah satu contohnya adalah buah-buahan khas nusantara.

Mendekati musim kemarau, beberapa varian buah mulai menunjukkan geliatnya. Beberapa ruas jalan Ibu Kota mulai dipenuhi pedagang yang menjajakan buah-buahan segar, termasuk durian.

Berbicara soal durian, baru-baru ini masyarakat Indonesia kembali dikejutkan dengan kemunculan varian durian unik yang hanya dapat ditemukan di Kabupaten Banyuwangi.

 


Dalam sebuah foto yang diunggah oleh akun Instagram, @yukbanyuwangi, kota yang terletak di ujung paling timur Pulau Jawa ini ternyata merupakan produsen durian merah dan oranye di Indonesia.

Untuk varian durian merah, masyarakat Banyuwangi menyebutnya dengan sebutan Balqis. Durian ini memang telah lama menjadi daya tarik kota tersebut. Bahkan, Kementerian Pertanian RI telah menetapkan durian merah sebagai salah satu ciri khas Banyuwangi.

Rasa durian ini hampir sama dengan durian pada umumnya. Durian merah memiliki rasa manis yang khas, bertekstur lembut, serta tidak memiliki aroma yang menyengat.

Namun sayangnya, duriah merah hanya dapat ditemukan pada musim tertentu. Seringkali pada pertengahan tahun atau pada bulan Mei. Tidak hanya itu, jika Anda ingin mencicipinya, Anda harus rela merogoh kocek sebesar Rp250 ribu per buah.

()
TAG : liburan
Berita Rekomendasi

Baca Juga

Menggoreng saat Masih Beku, Satu Hal yang Bikin Rasa Ayam Goreng Tidak Enak!

Menggoreng saat Masih Beku, Satu Hal yang Bikin Rasa Ayam Goreng Tidak Enak!