Ini Kata Pakar agar Masakan Nusantara Harus Makin Eksis di Dunia

Ini Kata Pakar agar Masakan Nusantara Harus Makin Eksis di Dunia

Masakan nusantara (Foto: Thesmartloca)

KEBERAGAMAN kuliner Nusantara memang sudah tidak bisa diragukan lagi. Ratusan bahkan ribuan jenis kuliner ini harus tetap dan semakin eksis di tanah air maupun kancah dunia. Salah satu caranya adalah mengenali, mengolah dan menyajikan makanan Indonesia di setiap kesempatan.

Melihat hal ini, sebuah komunitas kumpulan para chef yakni Indonesian Chef Association (ICA) mengajak kaum ibu menyiapkan menu nusantara yang bisa disajikan untuk keluarga tercinta. Empat seleb chef antara lain Chef Juna Rorimpandey, Chef Dea Annisa, Chef Yongki Gunawan dan Chef Henry Bloem mendemokan masakan nusantara dengan proses dan teknik yang simpel.

"Memang masakan Indonesia pakai banyak bumbu tapi bukan berarti mengolahnya repot banget. Mindset orang harus diubah, kalau mikirnya masakan Indonesia susah ya pasti males bikinnya," kata Chef Juna saat ditemui Okezone.

Hal senada juga dikatakan Chef Henry Bloem yang juga merupakan presiden ICA. Pria ini mengatakan acara demo masakabmn Indonesia harus banyak digelar, tujuannya agar masyarakat lebih mencintai kuliner rumah sendiri.

"Acara demo masak seperti ini merupakan wujud kontribusi ICA dalam membumikan kuliner Nusantara. Jangankan masakannya, bumbu lokal saja masih banyak yang belum dikenal. Lewat kegiatan seperti ini harapannya orang makin banyak kenal dan menghargai keragaman masakan Nusantara dan makin cinta," kata Chef Henry.

Berbagai masakan tradisional didemokan di depan ratusan peserta yang mayoritas adalah kaum ibu. Chef Juna mendemokan cara memasak laksa yang dikenal luas sebagai masakan khas dari Bogor dan Betawi namun dengan tampilan yang elegan.

Sementara itu Chef Henry Bloem mengajak membuat Tuna Kalas Bumbu Bali yakni salah satu masakan khas Bali. Tak hanya itu, pria asli Bali ini juga turut membawa rempah tradisional yang tidak banyak diketahui orang. Sedangkan Chef Yongki dengan Chef Dea mengajarkan membuat beberapa kue tradisonal seperti kue lapis legit, bolu gulung dan lain sebagainya.

Menurut Slamet Jarwanto selaku Vice President Marketing & Event ICA, kegiatan positif seperti ini adalah salah satu bagian program kerja kepengurusan ICA. Harapannya dengan berbagai kegiatan yang dilakukan bisa memberikan kontribusi yang nyata untuk mengangkat sekaligus melestarikan kuliner Nusantara.

(vin)

Baca Juga

Inspirasi Sarapan Praktis, Kentang Panggang Isi Telur Keju

Inspirasi Sarapan Praktis, Kentang Panggang Isi Telur Keju