Manfaat Melatih Kekuatan Otot Inti Bisa Memperbaiki Postur Tubuh Anda

ADA beberapa jenis olahraga yang difokuskan untuk melatih kekuatan otot inti, misalnya sit up, crunches, atau plank. Selain membuat tubuh lebih bugar, melatih kekuatan otot inti membawa nilai tambah untuk mencegah beberapa kondisi tertentu.

Bila Anda mengalami sakit punggung atau masalah yang berkaitan dengan postur tubuh, latihan kekuatan otot inti memberikan solusi yang baik. Melansir laman Thehealthsite, Sabtu (20/5/2017), berikut manfaat melakukan latihan kekuatan otot inti secara teratur.

Mencegah sakit punggung

Otot punggung yang lemah membuat punggung Anda terasa nyeri. Salah satu cara untuk mengatasi dan mencegahnya adalah dengan melakukan latihan kekuatan otot inti. menahan otot punggung tetap lurus. Olahraga tersebut mampu mengurangi risiko ketegangan pada punggung Anda.

Memudahkan melakukan aktivitas fisik

Perlu disadari, melatih kekuatan otot inti akan memudahkan Anda melakukan segala macam aktivitas. Semakin kuat otot, semakin sedikit energi yang Anda kerahkan untuk melakukan gerakan sederhana. Bahkan, Anda tidak akan merasa cepat lelah.

Menurunkan berat badan

Tak sedikit orang menginginkan bentuk tubuh yang ideal. Mereka mencoba berbagai cara untuk menurunkan berat badan dan membuatnya lebih berbentuk. Latihan kekuatan otot inti mampu menurunkan berat badan dengan mengencangkan otot perut dan membantu pembakaran lemak tubuh.

Memperbaiki postur tubuh

Postur tubuh yang bongkok, membuat Anda terlihat lemah. Melatih kekuatan otot inti dapat memberikan postur yang tegak Anda berdiri maupun duduk. Anda bisa meluangkan waktu sejenak untuk melakukan plank atau sit up.

​Meningkatkan keseimbangan

Menstabilkan kekuatan otot inti dapat memperkuat otot pelvis, punggung bawah, dan pinggul. Sehingga tubuh Anda tetap seimbang meskipun berada pada permukaan yang tidak stabil. Yoga mendorong performa yang lebih baik dalam olahraga maupun aktivitas fisik.​

()
Berita Rekomendasi

Baca Juga

Kehidupan Seksual ''Mati'', Ini Sebabnya!

Kehidupan Seksual ''Mati'', Ini Sebabnya!