Ajak Anak Liburan Dapat Meningkatkan Konsentrasinya Loh Moms!

Ajak Anak Liburan Dapat Meningkatkan Konsentrasinya Loh Moms!

Anak Liburan (Foto: Telegrap)

KATA siapa orang dewasa saja yang perlu liburan, anak-anak Anda juga membutuhkannya. Tidak sekadar bersenang-senang, ternyata menghabiskan waktu akhir pekan dengan liburan keluar kota bisa memberikan dampak positif bagi tumbuh-kembang anak.

Misalnya, saja berlibur ke pantai. Anak pasti merasa bahagia karena menemukan pasir dan luasnya air laut. Di balik aktivitas yang menyenangkan itu, ternyata ada manfaat liburan bagi sang anak, dilansir dari laman Telegraph, Sabtu (20/5/2017).

Perkembangan otak

Liburan juga meningkatkan perkembangan otak anak. Pada saat liburan keluarga, anak akan menjalankan dua fungsi sistem genetik yang terdapat di area limbik otak, yakni bermain dan mencari tahu.

Ketika anak mengeksplorasi kesenangannya dalam liburan, dalam tubuhnya akan melepaskan hormon oksitosin. Ia akan merasa lebih bersemangat dan bahagia. Bagaimanapum, liburan juga membentuk ciri kepribadian setiap anak.

Membangun keterampilan dan konsentrasi

Liburan keluarga dapat meningkatkan konsentrasi dan perhatian anak dalam waktu 20 menit, ketika liburan dilakukan di alam terbuka. Liburan juga melatih konsentrasi anak dengan ADHD.

Kesehatan fisik dan mental anak

Lingkungan menawarkan pengalaman yang baru kepada anak melalui interaksi sosial, fisik, kognitif, dan panca indera anak. Sangat baik mengajak anak untuk berjalan di atas rumput, bermain di bawah sinar matahari, merasakan geliat pasir pantai di jari-hari kaki mereka.

Lingkungan dapat mengaktifkan ekspresi anak dengan meningkatkan pengaturan tingkat stres, perhatian, konsentrasi, perencanaan yang lebih baik, serta kemampuan belajar. Liburan juga memberi andil besar dalam peningkatan kesehatan fisik dan mental anak.

Investasi otak anak

Apakah Anda ingin anak bertumbuh dengan mencintai lingkungan alam dan sosialnya atau menawarkan mereka hiburan praktis dalam tablet. Itu keputusan Anda. Namun, liburan yang melibatkan interaksi sosial dan alam memiliki efek yang mendalam dalam perkembangan otak anak.

(ren)
TAG : liburan

Baca Juga

Rahasia Tubuh Aduhai Paris Hilton, Bermain Musik, Menari hingga Jauhi Makanan Cepat Saji

Rahasia Tubuh Aduhai Paris Hilton, Bermain Musik, Menari hingga Jauhi Makanan Cepat Saji