Konji Barayak, Makanan Legendaris Khas Provinsi Riau

Konji Barayak, Makanan Legendaris Khas Provinsi Riau

Konji barayak khas Riau (Foto: Kuansing)

HAMPIR seluruh daerah di Indonesia pasti memiliki kebudayaan, adat istiadat, serta kuliner khas yang menjadi ciri identitas mereka. Salah satunya adalah Kabupaten Kuantan Singigi di Provinsi Riau.

Terletak di bagian barat daya Provinsi Riau, Kabupaten Singigi menawarkan sebuah olahan menarik bernama konji barayak. Makanan tradisional ini biasanya disajikan pada saat puncak acara Pacu Jalur Kuansing.

Bagi Anda yang belum familiar dengan acara ini, pacu jalur merupakan festival tahunan terbesar untuk masyarakat Kuantan Singigi. Salah satu daya tarik festival ini adalah perlombaan mendayung perahu panjang, seperti perlombaan perahu yang ada di negeri tetangga.

A post shared by Trip Riau (@tripriau) on Jun 13, 2017 at 7:32pm PDT


Kembali berbicara soal konji barayak, menurut Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Riau, Famizal Usman, belum lengkap rasanya jika menyaksikan pacu jalur tapi tidak mencicipi konji barayak.

"Ya biar ada kesan dan bisa cerita ke anak cucu nanti, sebelum nonton cicipi dulu makanan konji barayak ini. Bahannya alami karena terbuat dari santan dan gula yang dimasak mendidih dengan tepung beras serta daun pandan," tutur Fahmi saat diwawancara GoRiau.com.

Lebih lanjut Fahmi menjelaskan bahwa resep makanan tersebut diwariskan secara turun temurun dari nenek moyang. Tidak mengherankan jika konji barayak menjadi kuliner khas Kuantan Singingi yang paling populer.

(ndr)

Baca Juga

High Tea with HighEnd & Metland Menteng, Ajang Santai Menjalin Networking

High Tea with HighEnd & Metland Menteng, Ajang Santai Menjalin Networking