Suka Tak Suka, Ini 3 Cara Pria Pintar Minta Maaf

Suka Tak Suka, Ini 3 Cara Pria Pintar Minta Maaf

Pria dan Wanita (Foto: Popular)

MINTA maaf memang sulit, tapi harus dilakukan. Tapi jika sadar kalau kita adalah pria pintar pastinya lebih mudah untuk minta maaf dan tentu, memaafkan.

Sebutan ‘pria jantan’ cenderung berkonotasi ‘sangar di ranjang’ atau ‘tangguh pas berantem’. Era seperti sekarang ini memang pria jantan eksis, tapi lebih mantap jika mengenali diri sendiri sebagai ‘pria pintar’. (Oh ya, pengakuan ini jelas harus keluar dari mulut orang lain, bukan dari diri sendiri, tentunya).

Pria pintar tak berarti dirinya adalah pria sempurna. Pria pintar punya kelemahan dan tak jarang berbuat salah. Nah, di poin ini tak banyak pria yang bisa mengakui kesalahan dan minta maaf.

Entah kesalahan itu karena salah bersikap, ketahuan berbohong, maupun kesalahan-kesalahan yang lain, kita perlu mengenali dan sadari poin-poin tersebut. Setidaknya itu yang digali Gary Seigel, Ph.D., dari Best Life Online.

Ada tiga cara pria bisa disebut ‘pria pintar’ pas meminta maaf.

#1 Ambil tanggung jawab penuh

Entah apakah kita lupa atau tak menepati janji ke si dia atau sohib dan mungkin rekan kerja, akuilah. Akui kesalahan dan kelalaian kita, benahi diri dan mantap lanjut bersikap positif, jelas Seigel. Jika pasangan tanya kenapa datang telat, jawab saja apa adanya dan jangan berseloroh karena stuck di kantor.

#2 Kenali orang baik-baik

Minta maaf tak selalu ampuh ke orang yang kita buat salah. Minta maaf kesalahan ke istri jelas berbeda jauh dengan minta maaf ke rekan kerja. Apapun aksesnya yang terjadi setelah kita minta maaf, terima saja.

Minta maaf punya dua sisi bak mata pedang: minta maaf juga berarti berdamai dengan diri sendiri karena kita sadari kesalahan kita. Jadi meski permintaan maaf tak diterima, setidaknya diri kita sudah jadi diri yang positif dengan minta maaf.

#3 Lakukan secara personal

Meski kita berselisih dengan seseorang di seberang lautan sana, tetap nggak bijak minta maaf via surel. “Itu sangat impersonal dan dingin. Kita pun nggak bisa lihat reaksi orang yang kita minta maafkan,” jelas Seigel. Lakukan permintaan maaf secara langsung, muka dengan muka, dan disinilah pria yang minta maaf sah disebut tak hanya sebagai pria pintar tapi juga pria jantan.

(ren)

Baca Juga

Perempuan Masih Dianggap Sebelah Mata padahal Bisa Jadi Pemimpin Sukses!

Perempuan Masih Dianggap Sebelah Mata padahal Bisa Jadi Pemimpin Sukses!