Nikmatnya Seruput Teh Beras Merah Khas Tabanan

Nikmatnya Seruput Teh Beras Merah Khas Tabanan

Teh beras merah (Foto:Instagram/Mynameis_juna)

TEH umumnya terbuat dari daun atau bunga, tapi di Bali khusuSnya di Tabanan ada teh yang terbuat dari beras merah. Bagaimana sensasi rasa teh yang unik dan autentik ini.

Di Kabupaten Tabanan tepatnya di Desa Jatiluwih ada suguhan teh yang unik namun juga tak biasa. Teh di desa ini terbuat dari beras merah, bukan daun ataupun bunga.

Beras merah yang digunakan untuk membuat teh ini telah melewati serangkaian proses. Setelah dipanen, beras merah dicuci hingga bersih kemudian disangrai hingga kering dan mengeluarkan aroma khas.

I Nengah Sutirtayasa selaku pemilik restoran Gong Jatiluwih yang sekaligus pria asli desa ini mengatakan minuman teh beras merah hanya ada di Jatiluwih. "Enggak ada teh ini di tempat lain. Minuman ini khas dan unik. Buat kesehatan juga bagus karena tinggi antioksidan," kata pria ramah yang akrab disapa Bli Tirta ini.

A post shared by Dani Mardani (@danimard) on May 27, 2016 at 5:51pm PDT


Bli Tirta juga mengatakan minum teh ini paling nikmat saat masih hangat karena suhu di Jatiluwih termasuk rendah. "Di sini dataran tinggi jadi dingin. Pas kalau minum teh hangat-hangat," lanjutnya.

Okezone berkesempatan mencicipi teh beras merah ini. Saat baru datang, aroma teh yang unik dan khas langsung menyeruak dan mengundang selera. Aroma beras panggang yang sangat kuat membuat tak sabar ingin segera menyeruputnya.


Benar saja rasa teh terbilang ringan, tidak asam apalagi pahit. Tipis-tipis terasa manis khas beras merah dan membuatnya nikmat meski tanpa tambahan gula. Menyeruputnya sekali dijamin akan ketagihan, tak rela rasanya meninggalkan teh sebelum habis.

Beras merah yang digunakan, diperoleh dari hasil pertanian di desa Jatiluwih. Kawasan ini memang dikenal sebagai sentra penghasil beras mulai dari beras putih, beras merah hingga beras hitam. Jadi tak heran banyak hidangan yang dibuat dengan menggunakan bahan baku beras.

(ndr)

Baca Juga

Anda yang Mudik Lebaran ke Bali Sebelum Balik Jakarta Wajib Jajal 3 Kuliner Ini

Anda yang Mudik Lebaran ke Bali Sebelum Balik Jakarta Wajib Jajal 3 Kuliner Ini