Moms Punya Keju Beku di Rumah? Dibikin Kukis untuk Lebaran Saja

Moms Punya Keju Beku di Rumah? Dibikin Kukis untuk Lebaran Saja

Keju bisa dibikin untuk kukis (Foto:Shapeme)

 

JIKA suka menyimpan stok keju dalam lemari es, pastikan jangan sampai lupa ya. Keju bisa beku dan berubah tekstur. Tapi kalau terlanjur lupa, jangan langsung membuangnya karena keju beku masih bisa dimanfaatkan untuk membuat kukis.

Dikatakan Endang Indriani, penulis buku masak sekaligus pemilik blog kuliner, keju beku bisa jadi bahan untuk membuat kue kering. “Punya keju beku di kulkas, misalnya karena lupa. Itu masih bisa dipakai. Buat kukis bisa tapi khusus yang dicampur ke dalam adonan, bukan buat keju taburan,” jelas Endang saat ditemui Okezone di Jakarta.

Lebih lanjut Endang menjelaskan keju beku berbeda dengan keju yang masih segar, teksturnya akan berbulir jika diparut. “Dari segi rasa dan aroma tidak berkurang. Tapi ngaruh di tekstur, dia jadi berbulir, menggumpal. Enggak bisa panjang gitu pas diparut. Saya pernah coba tapi enggak masalah kalau dicampur ke dalam adonan kukis,” lanjut pemilik blog kuliner Just Taste & Try ini.

Teksturnya yang berbulir justru membuat kue kering makin renyah, cocok untuk membuat kue kering seperti kastengels. “Buat kue nanti teksturnya lebih crunchy, buat kastengels bisa,” pungkas Endang.

(ndr)
halal food

Baca Juga

Tips Sukses Bikin Saus Telur Asin yang Gurih & Legit, Banyak Buih Pertanda Bagus

Tips Sukses Bikin Saus Telur Asin yang Gurih & Legit, Banyak Buih Pertanda Bagus