Ssstt... Ini Lho Daftar Masakan Daerah yang Menggugah Selera Khas Lahat

Ssstt... Ini Lho Daftar Masakan Daerah yang Menggugah Selera Khas Lahat

Masakan khas Lahat (Foto: Dokumentasi Aswari)

MENGUNJUNGI sebuah daerah yang baru kali pertama disambangi tidak lengkap jika belum mencicip makanan khasnya. Kegiatan wisata kuliner juga harus masuk dalam daftar kunjungan Anda saat berlibur.

Kabupaten Lahat yang dijuluki Bumi Seganti Setungguan pun memiliki beragam kuliner dengan cita rasa yang unik. Di daerah yang dipimpin oleh Aswari Rivai ini ada panganan yang harus Anda coba.

Memiliki seribu air terjun yang dalam bahasa daerahnya curup, Lahat juga dilintasi oleh sungai yang deras, salah satunya Sungai Lematang. Di dalam sungai-sungai yang terdapat di Lahat, ada potensi alam yang kaya dan bermanfaat, yaitu ikan sungai.

Ikan-ikan sungai banyak dijadikan olahan makanan daerah oleh para masyarakat asli Lahat. Ikan seperti patin, nila dan baung, diolah jadi masakan gulai, pindang atau bakar ala Kabupaten Lahat.

Olahan ikan tersebut, memiliki cita rasa yang khas daerah tempatnya berasal. Olahan pindang ikan baung misalnya, masakan ini memiliki rasa yang gurih, lezat dan khas akan rasa rempahnya yang sangat terasa. Tekstur ikan sungai yang hanya ditemukan di Lahat tersebut juga dagingnya lembut, tebal tanpa duri-duri halus, dan ikan baung juga memiliki protein hewani, low fat dan kaya omega 3.

Ikan baung dapat ditemui dengan mudah di sungai-sungai yang ada di Lahat. Penasaran dengan rasanya? Segeralah bertandang ke negeri yang juga memiliki sejuta situs megalit ini dan eksplor kulinernya.

(vin)

Baca Juga

Terungkap! Ini Restoran Milik Bos First Travel Anniesa Hasibuan di Inggris, Foodies Penasaran dengan Makanannya?

Terungkap! Ini Restoran Milik Bos First Travel Anniesa Hasibuan di Inggris, Foodies Penasaran dengan Makanannya?