RAMADAN FIT: Manfaat Makan Terong di Bulan Puasa

RAMADAN FIT: Manfaat Makan Terong di Bulan Puasa

Ilustrasi (Foto: Curejoy)

RASA terong yang khas membuat sebagian orang tidak menyukai sayuran tersebut. Walau sudah diolah menjadi makanan yang mengundang selera, tetap saja menyingkirkan terong dari menu makan.

Padahal, bila menelisik lebih jauh, terong mengandung manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Mengonsumsi terong saat sahur juga tentunya akan memberikan energi yang baik untuk bisa melewatkan waktu berpuasa dengan semangat. Dilansir dari Curejoy, ada 5 manfaat terong yang bisa menyehatkan tubuh Anda.

1. Meningkatkan fungsi jantung

Untuk jantung yang sehat, Anda memerlukan kadar kolesterol dan tekanan darah sehat yang baik. Jika tidak, risiko penyakit jantung serius bisa mengancam Anda. Terong bisa menjadi salah satu kudapan yang menyehatkan.

Suatu studi menunjukan terong mampu mengurangi peradangan dan memperbaiki fungsi ventrikel. Hal tersebut terjadi karena terong mengandung banyak kadrioprotektif yang dikenal sebagai fitonutrien. Selain itu, terong juga bisa menurunkan kadar kolesterol jahat yang sangat penting untuk mencegah pembentukan plak yang pad akhirnya dapat menyumbat pembuluh darah.

2. Melindungi otak

Terong mendapatkan warna ungu dari zat antioksidan yang bernama nasunin. Nah, kandungan nasunin yang paling tinggi berada di kulit terong. Nasunin tersebut dipercaya sangat baik untuk melindungi otak. Zat tersebut bekerja sebagai penerima pesan yang mendikte apa yang harus dilakukan sel tertentu. Jadi, semakin nasuninnya banyak, semakin baik lah otak.

3. Pengontrol diabetes tipe 2

Terong merupakan nutrisi pembangkit tenaga. Terong kaya akan serat dan rendah karbohidrat larut. Hal ini membuat terong menjadi makanan yang ramah bagi penderita diabetes tipe 2.

Sebuah studi mengklaim, mengikuti diet terong sangat ideal untuk mengelola dan mencegah diabetes tipe 2. Ini karena terong tinggi alfa-glukosidase dan angiotensin atau senyawa yang mengendalikan penyerapan glukosa.

4. Memperkuat tulang

Terong adalah sayuran yang sangat ramah tulang. Jika Anda memiliki risiko osteoporosis, Anda perlu menambahkan terong pada menu favorit Anda. Terong kaya akan fitonutrien, zat besi, mangan, dan vitamin K, yang mana semuanya sangat baik untuk tulang.

5. Memperbaiki sistem pencernaan

Kandungan air di dalam terong cukup banyak. Karena itu, terong cukup baik untuk mereka yang melakukan diet makanan. Tak hanya itu, karena mengandung tinggi air, terong juga baik untuk sistem pencernaan tubuh. Sebab, sistem pencernaan membutuhkan banyak serat dan air untuk menggerakan benda di sekitar dengan lancar.

(hel)

Baca Juga

Trik Kontrol Diri Makan Enak saat Lebaran untuk Penderita Penyakit Jantung

Trik Kontrol Diri Makan Enak saat Lebaran untuk Penderita Penyakit Jantung