Cara Alami Keluarkan Dahak Tanpa Minum Obat Dokter

Cara Alami Keluarkan Dahak Tanpa Minum Obat Dokter

Ilustrasi (Foto: Wisegeek)

BATUK menjadi salah satu masalah yang paling banyak diderita. Virus penyebab yang bisa dijumpai di udara bebas dan penurunan daya tahan tubuh mampu mempercepat masuknya penyakit tersebut. Tentunya, akan sangat menggangu aktivitas Anda.

Saat Anda batuk, biasanya disertai dengan munculnya lendir atau dahak. Kondisi tersebut akan menambah sulit penyakit Anda. Yang mungkin Anda lakukan adalah pergi ke dokter dan secara rutin mengonsumsi obat-obatan. Namun, sebelum Anda ke dokter, sebaiknya coba home treatment dulu.

Seperti yang dilansir Healthline, pengobatan sederhana di rumah bisa menjadi pertolongan pertama mengatasi munculnya dahak saat Anda batuk. Berikut beberapa langkah yang bisa Anda coba.

1. Perbanyak minum air putih

Kedengarannya klise, tapi Anda mungkin sering mendengar saran ini. Cairan membantu mengencerkan lendir. Cairan hangat khususnya, bisa membantu membersihkan lendir di dada dan hidung. Hal ini dapat mengurangi mampet akibat pilek dan memberi Anda sedikit ketenangan dari gejala Anda tersebut.

2. Menggunakan uap

Uap juga bisa membantu melonggarkan lendir dan membersihkan hidung mampet akibat dahak. Bergantung pada kebutuhan, Anda bisa membuat sendiri ruang uap atau humidifier di rumah atau bisa membeli humidifier di toko obat terdekat. Pelembab humidifier yang dingin juga bisa dipakai. Versi dingin biasanya cocok dipakai di udara yang lebih hangat.

3. Menggunakan alat Pelembap

Anda mungkin merasa perlu untuk menggunakan alat pelembap pada malam hari dan menjaganya tetap di dekat tempat tidur Anda. Hal ini dapat membantu meredakan hidung mampet saat Anda tidur, sehingga bisa tidur lebih nyenyak sepanjang malam. Pastikan untuk menjaga pintu kamar tidur dan jendela tertutup agar uap tidak keluar.

4. Mengonsumsi madu

Periset dalam penelitiannya pada 2007 menemukan bukti bahwa madu lebih baik daripada obat lainnya untuk menghilangkan batuk dan dampak hidung mampet.

5. Menggunakan essential oil

Minyak esensial tertentu bisa membantu melonggarkan lendir di dada. Temuan penelitian tahun 2001 menunjukkan, berbagai penguapan dengan minyak esensial dapat menghambat pertumbuhan bakteri yang umumnya menyebabkan infeksi saluran pernapasan.

Minyak esensial yang bisa Anda coba adalah kulit kayu manis, serai, dan minyak esensial thyme. Minyak peppermint juga digunakan sebagai dekongestan alami. Itu sebabnya Anda sering menemukan mentol pada obat batuk dan obat-obatan flu lainnya.

(hel)

Baca Juga

Ingat, Bunda! Tidur Malam Berkualitas Bisa Pengaruhi Kecerdasan Anak

Ingat, Bunda! Tidur Malam Berkualitas Bisa Pengaruhi Kecerdasan Anak