Bingung Masak Apa untuk Sahur? Coba Kreasi Menu Bakso Ini

Bingung Masak Apa untuk Sahur? Coba Kreasi Menu Bakso Ini

(Foto: Instagram)

MENJELANG akhir bulan Ramadan, biasanya ibu di rumah sering kehabisan ide memasak dan mulai mengulang menu sebelumnya yang pernah dibuat.

Padahal, dengan berbagai kreativitas, bahan yang sudah ada di kulkas dapat divariasikan menjadi sajian berbeda. Dalam sebuah acara Berbagi Kelezatan Bakso di Bulan Suci Ramadan di Masjid Istiqlal, beberapa waktu lalu, aktris Zaskia Adya Mecca dan Chef Dea Annisa berbagi menu kreasi bakso yang mudah dibuat di rumah sebagai variasi menu.

“Saat Ramadan, memang kita sebagai ibu dituntut untuk kreatif memasak agar anak tidak bosan,” ungkap Zaskia yang mulai mengajarkan anaknya puasa dan tarawih belum lama ini. Bahkan, selain memasak kreatif, Zaskia ikut mengajak sang anak menyiapkan menu sahur dan berbuka agar ikut bersemangat menjalani puasa, terlebih sahur yang harus bangun lebih pagi. Menu bakso yang dikreasikan dengan telur asin dan spageti dari Chef Dea Annisa pun menjadi salah satu inspirasinya memasak.

Pasta carbonara bakso telur asin yang dibuat Chef Dea menggunakan bahan seperti setengah bungkus angle hair pasta, 5 butir telur asin matang yang telah dipisahkan bagian putih dan kuningnya, serta 7 butir bakso dan jamur champignon.

Bahan bumbu meliputi 3 siung bawang putih, 100 ml susu cair, 5 lembar daun kari, dan 4 buah cabai rawit merah jika menyukai pedas. Membuatnya pun mudah, Chef Dea merebus pasta terlebih dahulu hingga matang al dente dan simpan air rebusannya. Lalu, tumis bawang putih dan daun kari hingga harum, tambahkan cabai rawit merah.

Dalam wadah, hancurkan kuning telur asin dan tambahkan air rebusan pasta, aduk rata. Masukkan ke tumisan bawang putih, lalu masak hingga berbusa dan tambahkan susu cair sedikit demi sedikit. Terakhir, masukkan bakso dan jamur, lalu masak hingga mendidih.

“Saat bakso dan jamur hampir matang, masukkan pasta, aduk sebentar, dan matikan api, lalu sajikan,” ucap Chef Dea. Adapun bakso sebenarnya memang bisa dibuat berbagai menu yang akan menarik di meja makan.

Chef Dea pun memberi alternatif lain seperti menjadikannya menu kebab bakso. Namun, untuk membuatnya diperlukan proses marinasi bakso selama 30 menit di kulkas agar lebih terasa berbumbu. Alternatif lain membuat sapo tahu bakso sayuran atau membuatnya menjadi bakso penyet sambal kemangi seperti halnya bahan tempe yang sudah sering dibuat penyet.

Metode bakaran pun bisa menjadi pilihan mengemas menu bakso menjadi lebih berselera, seperti membuat bakso bakar sambal matah yang mengambil ide dari masakan tradisional Indonesia.

(ful)
halal food

Baca Juga

Tips Sukses Bikin Saus Telur Asin yang Gurih & Legit, Banyak Buih Pertanda Bagus

Tips Sukses Bikin Saus Telur Asin yang Gurih & Legit, Banyak Buih Pertanda Bagus