Gulai Tambusu, "Sosis" Besar Khas Sumatera Barat yang Menggoda Selera

Gulai Tambusu,

Gulai tambusa khas Sumatera Barat (Foto:Rusakbar/Okezone)

GULAI tambusu merupakan masakan asal Sumatera Barat, cita rasa yang diberikan memang berbeda dengan gulai dari daerah lainnya, rasa yang pedas namun gurih akan membuat yang mencicipinya jadi ketagihan.

Gulai tambusu adalah gulai berkuah kental dari usus sapi yang diisi kocokan telur berbumbu. Tambusu itu adalah usus sapi, dimana usus sapi tersebut diisi dengan telur, tahu, dan bumbu-bumbu lainnya. Disajikan dengan kuah gulai membuat cita rasa tambusu semakin nikmat.

Biasanya untuk mengola ujung usus tersebut diikat, kemudian dimasukkan telur sampai penuh dan ikat juga bagian ujung yang lain.Setelah itu usus sapi yang masih panjang ini direbus selama sampai matang. Isinya mengembang selama proses pemasakan, sehingga ususnya berpenampilan seperti sosis yang gemuk menggiurkan.

Tidak mudah memasak usus yang sudah diisi adonan telur dan santan ini. “Selama memasak harus terus diaduk. Bila tidak diaduk, usus akan menjadi besar sebelah karena kematangannya tidak merata,” ujarny Nijar (45) pada Okezone yang menyajikan tambusu.

Kalau sudah matang biasanya akan berupa sosis besar ini kemudian dipotong-potong sekitar 8 sentimeter, dan dimasak lagi sebentar di dalam kuah gulai bersantan kental. “Ini agar bumbu yang dalam usus tersebut menyatu dengan kuah gulai yang sudah disiapkan,” pungkasnya.

(ndr)

Baca Juga

Tips Sukses Bikin Saus Telur Asin yang Gurih & Legit, Banyak Buih Pertanda Bagus

Tips Sukses Bikin Saus Telur Asin yang Gurih & Legit, Banyak Buih Pertanda Bagus