KAYA REMPAH: 5 Rempah Rahasia Kelezatan Kuliner Indonesia

KAYA REMPAH: 5 Rempah Rahasia Kelezatan Kuliner Indonesia

Rempah-rempah (Foto:Shutterstock)

SUDAH menjadi rahasia umum bahwa kuliner khas kuliner Indonesia adalah penggunaan rempah yang cukup kompleks dalam aneka masakannya.

Rempah-rempah tersebut memberi cita rasa yang semakin lezat dan kuat. Setiap masakan pun memiliki kekhasan dan kelezatan masing-masing berdasarkan penggunaan rempah-rempah yang dipilih.

Mau tahu aneka rempah apa saja yang wajib digunakan dalam masakan Indonesia? Berikut pemaparan selengkapnya, sebagaimana disarikan dari berbagai sumber.

Kunyit

 


Kunyit sering kali dicampurkan ke dalam aneka masakan Indonesia. Rempah ini dapat memberi warna kuning alami pada masakan. Selain itu, karena aroma yang khas, kunyit sering kali dijadikan sebagai rempah sebagai penambah aroma yang khas.

Jahe

 


Jahe berwarna kering banyak digunakan untuk bumbu masakan. Jahe ini memiliki rasa dan aroma cukup tajam. Sebelum dicampurkan, jahe sering kali dibakar dulu agar aromanya lebih keluar.

Kencur

 

A post shared by Choir Huda (@nayaqula) on


Kencur kerap digunakan sebagai penambah rasa dan aroma pada masakan. Biasanya kencur dicampurkan ke dalam masakan seperti sambal, aneka sayur dan lain sebagainya.

Lengkuas

 


Lengkuas juga sering digunakan sebagai campuran bumbu penambah aroma sedap pada masakan Indonesia. Biasanya lengkuas digunakan dengan cara di geprek saja atau diparut sebagai taburan ayam goreng lengkuas.

Pala

 

A post shared by Komar JOHARI (@komarjohari) on


Pala merupakan jenis rempah-rempah yang dapat digunakan sebagai bumbu masakan. Aromanya yang khas biasa digunakan untuk membuar semur. Aromanya yang cukup tajam membuat pala setidaknya digunakan dalam takaran yang pas agar tidak terlalu berlebihan.

(ndr)

Baca Juga

RESEP NENEK: Sambal Goreng Kikil, Daging & Petai Suguhan Spesial untuk Lebaran

RESEP NENEK: Sambal Goreng Kikil, Daging & Petai Suguhan Spesial untuk Lebaran