Mudikers, Ini 5 Tips Mudah Pesan Tiket Kereta Api untuk Mudik Lebaran

Mudikers, Ini 5 Tips Mudah Pesan Tiket Kereta Api untuk Mudik Lebaran

Ilustrasi Mudik Naik Kereta Api (foto: Okezone)

MUDIK alias pulang kampung sudah jadi tradisi bagi sebagian penduduk yang hidup diperantauan. Biasanya para penduduk rantauan akan kembali ke kampung halaman masing-masing untuk menikmati momen Idul Fitri dengan berkumpul bersama keluarga. Perburuan tiket-tiket pun dimulai sejak jauh hari bahkan bisa habis dalam sekejap.

Untuk itu, agar mudikers tetap bisa mendapatkan tiket kereta api dan berkumpul dengan keluarga di kampung halaman, Okezone telah mengumpulkan tips mudah dan merangkumnya untuk Anda para Mudikers, simak yuk!

Penumpang Kereta Siapa yang sejak kecil sudah naik kereta api? Apa pengalamanmu yang tak terlupakan kala itu? Foto oleh @odewikra #keretaapikita

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kereta Api Kita (@keretaapikita) pada Mei 30, 2017 pada 5:58 PDT

1. Memesan tiket secara online adalah cara termudah untuk memesan tiket kereta api. Biasanya, pemesanan tiket sudah dibuka sejak H-7 Idul Fitri. Kelas kereta api unggulan dan ekonomi dengan cepat terjual habis.

Untuk itu, unduhlah aplikasi PT KAI untuk memesan tiket dengan mudah. Setelah memesan tiket jangan lupa untuk menyimpan data penumpang.

2. Membeli di swalayan terdekat juga bisa Anda coba. Selain jarak antara Anda dan toko swalayan terbilang dekat dan tinggal membayar saja tanpa perlu repot lagi. Jangan lupa untuk menyimpan struk bukti kode booking untuk nantinya ditukarkan di loket stasiun.

3. Telefon layanan 121 untuk pemesanan tiket via telepon. Tapi, dengan cara seperti ini Anda harus banyak bersabar karena biasanya jaringan telefon akan sibuk terus terkait banyaknya penelefon yang memesan tiket.

4. Datang langsung ke loket stasiun bisa jadi cara yang nyaris paling terpaksa dilakukan bagi para mudikers karena biasanya di stasiun akan terjadi antrean calon penumpang dan pahitnya antrean ini akan terjadi berjam-jam bahkan berhari-hari.

5. Biasanya jam buka tiket kereta api jatuh pada pukul 00.01 tapi tidak sampai 15 menit tidak sudah ludes terjual, untuk itu mudikers harus terus memantau situs KAI agar tidak kehabisan tiket mudik dan mendapatkan info terbaru tentang penambahan kereta.

(fid)

Baca Juga

JELAJAH ISLAM: Tradisi Lebaran di China, Umat Islam Ziarah ke Makam Nenek Moyang

JELAJAH ISLAM: Tradisi Lebaran di China, Umat Islam Ziarah ke Makam Nenek Moyang