Hal Penting yang Harus Diperhatikan jika Mudik Naik Mobil Pribadi

Hal Penting yang Harus Diperhatikan jika Mudik Naik Mobil Pribadi

Ilustrasi Mudik Naik Mobil (foto: Okezone)

MUDIK merupakan tradisi yang masih banyak dijalankan umat muslim di Indonesia ketika libur Lebaran. Hangatnya menjalin silaturahmi bersama keluarga di kampung halaman memberikan kenangan manis untuk setiap pelancong.

Mudikers pun tak segan untuk pulang kampung naik mobil pribadi untuk mempermudah dan menghemat perjalanan. Nah, mungkin di antara sanak keluarga hanya Anda yang diandalkan untuk menyetir saat mudik.

Perjalanan panjang terkadang membuat sopir merasa bosan, terlebih ketika dilanda kemacetan. Anda juga harus memperhatikan kondisi fisik Anda terlebih jika destinasi kampung halaman jauh dari kota asal.

Nah, agar lebih aman menyetir ketika mudik naik mobil perhatikan beberapa hal penting berikut seperti dilansir dari independenttravel.

1. Sebelum memulai menyetir, usahakan untuk Anda memiliki waktu tidur cukup, makanan cukup, dan juga camilan yang seimbang. Selalu ingat, minuman mengandung kafein bukanlah cara terbaik untuk membuat Anda tetap bangun ketika menyetir. Jadi jika mengantuk lebih baik istirahat terlebih dahulu.

2. Saat perjalanan mudik, banyak sekali pemberhentian yang disediakan. Jadi jika mengantuk lebih baik manfaatkan kesempatan dengan baik. Hiruplah udara segar, dan regangkan kaki dengan berjalan.

3. Jika Anda bisa, cobalah Tanya keluarga Anda yang bisa menyetir, dan percayakan padanya. Namun, Anda bisa memantau keadaan dengan berada di sampingnya, dan jangan lengah.

4. Jika Anda memang harus berhenti, jangan pernah parkirkan kendaraan Anda di bahu jalan. Sebab, ini akan membantu hal darurat ketika ada kecelakaan di sekeliling Anda.

5. Jangan pernah memainkan telefon genggam ketika menyetir. Selain tindakan tersebut illegal, Anda bisa terkena imbas dari kecelakaan lalu lintas.

6. Meski puasa usai, namun bukan berarti Anda bisa minum alkohol selama menyetir. Ingatlah, dalam satu mobil bukan hanya Anda yang ingin bertahan hidup.

7. Perhatikan cuaca dan berhentilah ketika cuaca jelek.

(fid)

Baca Juga

5 Tradisi Idul Fitri di Negara Minoritas Islam

5 Tradisi Idul Fitri di Negara Minoritas Islam