Misteri Makam Terbuka di Desa Trunyan, Bali

Misteri Makam Terbuka di Desa Trunyan, Bali

Desa Trunyan, Bali (foto: Instagram/@hexsteph)

PEMAKAMAN unik tidak hanya bisa ditemukan di Tana Toraja saja, Anda pun bisa menemukannya di Desa Trunyan, Bali.

Bukan rahasia umum, jika di Desa Trunyan ini wisatawan bisa melihat sisa-sisa tengkorak yang tersimpan di bawah Pohon Trunyan. Uniknya, jenazah yang membusuk di bawah pohon tidak meninggalkan bau malah harum.

Berdasarkan laporan dari wisatawan yang pernah ke sana, mengunjungi Desa Trunyan ini akan memberikan pengalaman unik. Tak ada bau amis atau bau busuk membuat desa begitu menarik untuk ditelusuri.

Konon, wangi harum yang ada di sana karena hadirnya pohon Trunyan. Sebuah pohon yang sudah berusia ratusan tahun ini selalu memberikan wangi-wangi semerbaknya untuk sekitar desa. Sebab itu, mayat yang dibiarkan mati tanpa dikubur juga diserap baunya oleh wangi dari Pohon Trunyan.

Namun, dalam pemakamannya tidak sembarang orang bisa dikubur di sini. Penduduk desa memiliki aturan sendiri, di mana jumlah jenazah yang dekat Pohon Trunyan tidak boleh mencapai lebih dari 11 jenazah.

Dan, jenazah yang meninggal di area tersebut merupakan orang yang meninggal secara wajar dan juga pernah menikah. Sementara, tulang belulang jenazah yang tidak utuh akan dijadikan alas jenazah baru.

Makam unik ini menambah koleksi budaya di Provinsi yang dipimpin oleh I Made Mangku Pastika dan I Ketut Sudikerta. Jika hendak ke sini, Anda bisa pergi ke kawasan Kintamani dan menelusuri Jalan Trunyan.

(fid)

Baca Juga

JELAJAH ISLAM: Tradisi Lebaran di China, Umat Islam Ziarah ke Makam Nenek Moyang

JELAJAH ISLAM: Tradisi Lebaran di China, Umat Islam Ziarah ke Makam Nenek Moyang