Sudah Siap-Siap untuk Mudik Lebaran? 9 Barang Ini Wajib Dibawa

Sudah Siap-Siap untuk Mudik Lebaran? 9 Barang Ini Wajib Dibawa

Tips Mudik (Foto: Okezone)

ANDA harus memiliki persiapan yang matang dalam mengantisipasi peningkatan jumlah pemudik yang berdampak pada padatnya lalu lintas, waktu tempuh, kenyamanan, serta keamanan sepanjang perjalanan mudik.

Semakin lama waktu tempuh, tentu persiapan pun harus semakin cermat. Nah, maka dari itu, persiapkan segalanya dengan matang ya. Begitu pun dengan 9 barang berikut ini yang wajib kalian bawa selama perjalanan mudik agar mudik menjadi aman dan nyaman.

1. Kartu tol

Tentu akan lebih simpel apabila pemudik tidak membawa uang tunai yang banyak. Transaksi non-tunai (cashless) yang tengah digalakkan pemerintah dan Bank Indonesia menjadi pilihan yang cukup bijaksana. Anda dapat membawa kartu tol, maupun voucher sesuai kebutuhan sehingga tidak perlu repot mencari uang pas dan pastinya akan mempercepat waktu transaksi.

2. Powerbank

Telepon genggam kini menjadi gaya hidup yang tidak bisa terlepas dari genggaman. Untuk itu rasanya perlu membawa powerbank dan charger mobil dimana kamera dalam smartphone bisa digunakan mengabadikan perjalanan atau selalu update di media sosial. Pastikan powerbank yang dibawa mencukupi pengisian daya selama perjalanan hingga sampai tempat tujuan.

3. Bantal leher

Mudik menggunakan mobil, bus, kereta, kapal laut, maupun pesawat dengan jarak yang jauh cukup melelahkan tubuh, apalagi bagian leher yang tidak tertopang saat tidur. Perlu sekali Anda memasukkan bantal leher ke dalam list barang bawaan Anda agar tidak mengalami nyeri leher. Pilihlah bantal leher yang terbuat dari bahan yang empuk namun tetap menjaga posisi leher Anda selama beristirahat serta ringan dan bisa dibawa kemana-mana.

4. Pakaian hangat

Tubuh yang segar tentu menjadi kunci utama Anda sanggup mudik dengan macet yang tidak bisa diduga. Untuk itu, bawalah pakaian hangat seperti jaket, sweater atau syal karena kondisi cuaca selama perjalanan juga tidak menentu dan Anda harus menjaga suhu tubuh tetap normal dan kondisi badan tetap fit.

(ren)
1 / 2

Baca Juga

JELAJAH ISLAM: Tradisi Lebaran di China, Umat Islam Ziarah ke Makam Nenek Moyang

JELAJAH ISLAM: Tradisi Lebaran di China, Umat Islam Ziarah ke Makam Nenek Moyang