JELAJAH ISLAM: Masjid Apung Pertama di Indonesia Ternyata Ada di Makassar

JELAJAH ISLAM: Masjid Apung Pertama di Indonesia Ternyata Ada di Makassar

Masjid Apung Amirul Mukminin, Makassar (foto: Instagram/@farisfajri)

MASJID apung kini mulai banyak ditemui di Indonesia. Salah satu yang terkenal di luar negeri ialah Masjid Ar Rahmah, di Jeddah, Arab Saudi.

Tapi, tahukah Anda di mana masjid pertama di Indonesia, yang mengapung? Ya, Masjid Amirul Mukminin lah jawabannya. Masjid ini berada di pesisir Pantai Losari, Makassar.

Masjid yang memiliki 2 menara dan 2 kubah berwarna biru tersebut berdiri dengan cantik di atas tiang-tiang penopang yang terendam air laut, berjumlah 164 tiang. Masjid Amirul Mukminin merupakan bangunan masjid apung pertama yang ada di Indonesia.

Proses pembangunan masjid berjalan sejak 8 Mei 2009 dan masih berdiri kokoh hingga sekarang. Masjid yang mampu menampung sebanyak 500 jamaah ini berdiri di atas air laut seluas 1.608 meter.

Saat matahari perlahan merangkak ke sebelah barat, warna langit dan lampu-lampu masjid serta cahaya yang memantul ke air laut, bersatu membentuk sebuah nada keindahan tiada tara. Pemandangan khas langit senja dan matahari terbenam bisa dinikmati secara gratis dan tidak dipungut biaya.

Sungguh, nikmat Tuhanmu yang mana lagi yang kau dustakan? Ungkapan tersebut rasanya tepat untuk disematkan jika melihat kendahan Masjid Amirul Mukminin.

Dari depan masjid yang juga dikenal dengan nama 99 Al Makazzary itu terlihat cantik namun tidak khas, tapi dari belakang masjid tersebut sungguh unik dan membuat mata melotot. Arsitekturnya bangunan bagian belakangnya sangat kontras dengan bagian depannya. Bagian belakang masjid tampak sangat modern dengan dua kubah yang lebih rendah tampak separuhnya tidak tertopang dinding.

(fid)
moslemtravel

Baca Juga

<i>Mudikers</i>, Simak Tips Nyaman Naik Bus ketika Mudik

Mudikers, Simak Tips Nyaman Naik Bus ketika Mudik