Tips agar Tetap Sehat Selama Mudik meski Berpuasa

Tips agar Tetap Sehat Selama Mudik meski Berpuasa

Ilustrasi (Foto: Arif Julianto/Okezone)

LEBARAN tinggal hitungan hari. Mereka yang memiliki kampung halaman, kebanyakan memilih untuk mudik atau pulang kampung. Kangen keluarga, tetap jalin silaturhami, atau liburan menjadi alasan kebanyakan orang mudik.

Namun, mudik yang biasanya diwarnai dengan macet panjang, harus dihadapi dengan cerdas. Tetap fit selama perjalanan menjadi hal yang harus dicapai. Jangan sampai, setelah tiba di kampung halaman tubuh Anda malah sakit, lebaran pun menjadi terganggu.

Mudik sebelum lebaran berarti Anda harus berletih-letih saat berpuasa. Kondisi tubuh yang tidak siap bisa saja memicu risiko penyakit muncul. Terkhusus penyakit yang menyerang sistem imun, seperti diare, flu, atau infeksi saluran pernapasan atas lainnya. Makanya, sebelum berangkat mudik, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Dijelaskan Dokter Spesialis Penyakit Dalam dr Ari Fahrial Syam, penting bagi Anda yang berangkat mudik saat berpuasa untuk mengonsumsi makan yang cukup. Istirahat yang baik juga menjadi faktor lain yang bisa membuat tubuh Anda tetap sehat selama perjalanan mudik.

"Kurang tidur menjadi salah satu penyebab awal masalah-masalah kesehatan saat mudik. Sebut saja kelelahan, stres, kesehatan menurun," katanya pada Okezone saat diwawancarai di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), beberapa waktu lalu.

Kemudian, bagi pemudik yang memang kebetulan membawa kendaraan sendiri, sebaiknya ada beberapa anggota keluarga yang siap membawa kendaraan secara bergantian. Ini sebagai langkah untuk mengantisipasi keletihan yang berlebihan pada pengendara.

Selalu manfaatkan tempat istirahat, bisa meminimalkan risiko keletihan. "Di area istirahat itu, sempatkan juga untuk berolahraga kecil atau bisa melakukan gerakan relaksasi khususnya kaki, tangan, dan leher," paparnya.

Tak ketinggalan, jangan pernah atau terlalu berlebihan untuk menahan pipis. Manfaatkan tempat istirahat untuk bisa buang air kecil agar jangan sampai menahan kencing yang akan berakibat pada infeksi saluran kencing.

Yang tak kalah penting, bagi Anda yang ingin mudik tapi tetap berpuasa, pilihlah waktu berangkat setelah waktu berbuka puasa. Hal tersebut tentunya akan membantu Anda untuk menurunkan risiko-risiko yang membahayakan kesehatan tubuh.

(hel)

Baca Juga

Sibuk Nyanyi, Penyanyi Pink Tetap Rajin Memerah ASI, Salut!

Sibuk Nyanyi, Penyanyi Pink Tetap Rajin Memerah ASI, Salut!