5 Tips agar Tetap Fit saat Hamil Bayi Kembar

5 Tips agar Tetap Fit saat Hamil Bayi Kembar

Ilustrasi (Foto: Boldsky)

BANYAK tantangan yang bakal dihadapi seorang wanita, jika dirinya hamil bayi kembar. Terutama kondisi fisiknya menjadi sangat lelah, karena membawa beban kehamilan yang tidak biasa.

Dilansir Verywell, Senin (19/6/2017), berikut 5 tips menjaga kesehatan khusus wanita yang hamil bayi kembar. Terapkan caranya supaya Anda tidak mudah sakit.

Jaga pola makan

Saat hamil, wanita cederung banyak makan. Tapi biasanya ini dialami ketika usia kehamilannya memasuki masa trimester kedua. Di saat hamil kembar, Anda harus tetap menjaga pola makan dan diet seimbang. Perbanyak makan buah dan sayur, daging yang kaya protein dan minum banyak air putih. Cara makan seperti ini bisa menjaga berat badan agar tidak naik drastis.

Hindari risiko komplikasi

Ibu yang hamil bayi kembar, apalagi di usia 30 tahun ke atas, harus mewaspadai risiko komplikasi. Seperti preeklamsia, diabetes gestasional, anemia dan lainnya. Jika terjadi demikian, Anda sangat berisiko melahirkan prematur.

Istirahat yang cukup

Hamil bayi kembar akan sangat melelahkan, karena itu Anda harus memperbanyak istirahat. Ketika bekerja di kantor, Anda bisa berbaring sejenak atau meluruskan kaki. Apalagi saat hamil tua, semua anggota badan akan membangkak. Ini akan sangat melelahkan, apalagi saat malamnya Anda sulit tidur nyenyak.

Perawatan khusus

Saat hamil bayi kembar, kondisi fisik seorang ibu akan merasa lelah. Maka sempatkan waktu untuk melakukan perawatan khusus. Seperti melakukan pijat, yoga, senam hamil, spa khusus ibu hamil, dan kegiatan lain yang menyenangkan.

Tahu cara merawat bayi kembar

Sejak masa kehamilan Anda harus mencari banyak informasi seputar bayi kembar. Apalagi soal pola asuhnya, jangan sampai Anda mengalami baby blues. Kebanyakan para ibu baru mengaku sulit merawat bayi kembar saat mereka lahir nanti.

(hel)

Baca Juga

Waspada, Kelelahan di Perjalanan Mudik Undang Penyakit Datang

Waspada, Kelelahan di Perjalanan Mudik Undang Penyakit Datang