RAMADAN FIT: Tips Mencegah Penyakit ISPA saat Mudik Lebaran

RAMADAN FIT: Tips Mencegah Penyakit ISPA saat Mudik Lebaran

Ilustrasi (Foto: Arif Julianto/Okezone)

MINGGU ini orang banyak yang mulai melakukan perjalanan mudik. Selain risiko kecelakaan, waspadai pula penularan penyakit infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) di tengah perjalanan.

Spesialis Paru dr Ni Nyoman Priantini SpP dari RS Evasari Jakarta mengatakan, ISPA mudah ditularkan lewat lingkungan sekitar. Itu sebabnya karena ada paparan virus dan bakteri yang menyebabkan penyakit.

Setiap orang, Anda harus melakukan pencegahan terjadinya ISPA selama perjalanan mudik. Berikut paparannya, yang dirangkum Okezone, Senin (19/6/2017).

- Rajin-rajinlah mencuci tangan sebelum beraktivitas. Lakukan kebiasaan ini di waktu sebelum dan sesudah makan.

- Hindari menyentuh bagian wajah dengan tangan, terutama mulut, hidung, dan mata dengan. Cara ini bisa melindungi diri Anda dari paparan virus dan bakteri.

- Jangan merokok di dalam kendaraan atau saat menepi di rest area. Merokok banyak dampaknya, selain memicu ISPA juga dapat menyebabkan penyakit lainnya.

- Gunakan masker untuk mengurangi risiko debu-debu yang kotor masuk ke dalam pernapasan. Cara ini scukup efektif mencegah penularan ISPA.

- Di tengah perjalanan, jangan lupa konsumsi banyak makanan serat dan vitamin alami. Ini sangat berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh sewaktu mudik.

- Hindari kontak dengan penderita ISPA sewaktu di perjalanan. Karena dampaknya bisa merugikan diri Anda di saat libur Lebaran.

(hel)

Baca Juga

AWAS! Jangan Abaikan Hipertensi saat Hamil, Risikonya Bisa Kena Penyakit Jantung

AWAS! Jangan Abaikan Hipertensi saat Hamil, Risikonya Bisa Kena Penyakit Jantung