Selain Carrie Fisher, 8 Selebriti Ini Juga Menderita Sleep Apnea

Selain Carrie Fisher, 8 Selebriti Ini Juga Menderita Sleep Apnea

Randy Jackson (Foto: Billboard)

BARU-baru ini polisi mengungkapkan penyebab kematian Carrie Fisher. Setelah diselidiki, ternyata salah satu pemeran Star Wars itu menderita Sleep Apnea.

Sleep Apnea adalah gangguan tidur yang bisa menyumbat saluran pernafasan. Sleep Apnea terbagi menjadi dua jenis yaitu obstructive Sleep Apnea dan Central Sleep Apnea.

Sleep Apnea dapat meningkatkan resiko serangan jantung atau gagal jantung jika dibiarkan dalam jangka panjang. Untuk itu, pengobatan sleep apnea sangat penting. Namun umumnya sleep apnea tidak bisa didiagnosis karena muncul tanpa gejala. Sehingga penderita sleep apnea jarang yang menjalani pengobatan untuk masalah ini.

Dilansir dari berbagai sumber, inilah sederet orang terkenal yang juga menderita sleep apnea.

1. Shaquille O'Neal

Pemain basket kenamaan yang sudah pensiun ini menderita Obstructive Sleep Apnea. Shaq secara teratur menggunakan mesin continuous positive airway pressure (CPAP) untuk membantu menstabilkan pernapasannya pada malam hari.

2. Rosie O’Donnell

Pada 2007, O’Donnel didiagnosis menderita Sleep Apnea. Hal ini bermula saat O’Donnell sering mendiskusikan mengenai ketidakmampuannya untuk terus tertidur sepanjang malam pada saat memandu sebuah acara. O’Donnell merasa malu untuk bertanya kepada dokter karena dia percaya bahwa gangguan tidur yang dia alami terkait dengan kelebihan berat badannya. O'Donnell sekarang menggunakan mesin CPAP untuk menenangkan napasnya saat dia tidur.

3. Regis Philbin

Regis didiagnosis menderita Sleep Apnea pada dan kini menggunakan mesin CPAP setiap malam untuk menstabilkan pernapasannya. Regis berkomentar tentang peralatan pernapasan yang membantunya tidur sepanjang malam. "Saya benar-benar jatuh cinta dengan selang saya," ujar Regis.

4. Roseanne Barr

Aktris dan komedian ini mengetahui dirinya menderita Sleep Apnea saat menjalani studi tidur di sebuah episode reality show "Roseanne's Nuts" yang ditayangkan di saluran Lifetime pada tahun 2011.

5. Rick Perry

Rick Perry mengejutkan semua orang saat didiagnosis menderita Sleep Apnea pada 2011. Dokter menduga mantan Gubernur Texas itu sudah menderita Sleep Apnea sejak lama tapi tidak diketahui. Ada spekulasi bahwa kebohongan perdebatannya yang terkenal bisa jadi disebabkan oleh efek kekurangan tidur kronis akibat Sleep Apnea.

6. Daniel Lawrence Whitney

Daniel Lawrence Whitney dalam sebuah wawancara mengatakan bahwa dia tengah berjuang dengan Sleep Apnea. Kondisinya telah mendorong Daniel untuk mencoba menurunkan berat badan.

7. Randy Jackson

Musisi kenamaan ini mengejutkan penggemarnya karena mengalami penurunan berat badan drastis setelah operasi by pass lambung. Perubahan bentuk tubuhnya itu bukan untuk penampilannya semata, tetapi karena Jackson menderita Sleep Apnea dan diabetes. Menurut Jackson, penurunan berat badannya itu memiliki efek menguntungkan karena membuatnya merasa jauh lebih baik.

8. Reggie White

Sama seperti Carrie Fisher, pemain football Amerika itu meninggal dunia secara mendadak setelah merayakan ulang tahunnya ke-43. Disebutkan bahwa penyebab utama kematian Reggie adalah peradangan organ, namun Sleep Apnea yang tidak terdiagnosis diyakini juga menjadi penyebab kematiannya. Untuk membantu meningkatkan kesadaran tentang Sleep Apnea, istri Reggie membangun Reggie White Sleep Disorders Research and Education Foundation.

(hel)

Baca Juga

TRAGIS! Pasien Leukemia Meninggal Usai Makan Tiram yang Terkontaminasi

TRAGIS! Pasien Leukemia Meninggal Usai Makan Tiram yang Terkontaminasi