Rajin Berolahraga Bikin Awet Muda Loh

Rajin Berolahraga Bikin Awet Muda Loh

Ilustrasi (Foto: MSN)

OLAHRAGA yang dilakukan secara teratur dapat menurunkan tekanan darah, menguatkan jantung, mengurangi stres, dan menjaga kesehatan tubuh. Tapi ternyata olahraga masih memiliki manfaat lain, yaitu menghambat proses penuaa karena bisa menjaga hingga ke DNA. Wah, kok bisa?

Dalam sebuah penelitian yang baru-baru ini dilakukan oleh Brigham Young University, para periset menemukan, orang yang berolahraga secara teratur dengan intensitas sedang sampai tinggi sebenarnya memiliki telomere lebih lama dalam DNA mereka, seperti yang dilansir dari Foxnews, Selasa (20/6/2017).

Telomere adalah rangkaian protein DNA yang berada pada ujung kromosom. Mereka memberikan fungsi vital bagi tubuh dengan melindungi kromosom dari memburuk.

Saat sel menua, telomere cenderung lebih pendek. Tanpa protein penting ini, kromosom akan kehilangan informasi penting untuk fungsi tubuh. Berdasarkan hasil penelitian, orang yang berolahraga pada dengan intensitas tinggi memiliki usia biologis 9 tahun lebih muda dari pada mereka yang tidak berolahraga.

Sayangnya banyak orang yang lebih memilih menikmati aktivitas kelas menengah dan tingkat yang lebih moderat sehingga tidak menghasilkan hasil yang signifikan. Orang yang sangat aktif berolahraga masih memperlambat penuaan tubuh mereka hingga 7 tahun lebih banyak dibanding mereka yang berolahraga dengan cukup aktif.

Agar mendapat manfaat dari latihan anti penuaan ini, orang harus berusaha mengikuti latihan kardio setidaknya lima hari dalam seminggu. Wanita membutuhkan 30 menit, sedangkan pria membutuhkan 40 menit setiap hari untuk mendapatkan hasil terbaik. Dengan sedikit kerja keras dan dedikasi, Anda pasti bisa mencapai tingkat kebugaran ini dan menuai hasilnya lebih dari satu cara.

Memperpanjang umur

Sebuah studi menunjukkan apabila Anda berlatih dengan intensitas tinggi bisa menambah tahun kehidupan. Peneliti mengumpulkan data dengan menggunakan survei dari berbagai organisasi kesehatan, termasuk National Cancer Institute dan Harvard University. Peneliti menganalisis data kesehatan lebih dari 600.000 orang yang berpartisipasi.

Peneliti membandingkan informasi yang diberikan berdasarkan tingkat latihan masing-masing orang dan 14 tahun catatan kematiannya. Para peneliti menemukan, mereka yang tidak berolahraga sama sekali memiliki tingkat kematian prematur tertinggi. Selain itu, mereka yang mencoba sedikit menurunkan risiko dengan berolahraga masih menghadapi tingkat kematian dini yang lebih tinggi daripada mereka yang aktif berolahraga.

Kelompok yang berolahraga minimal 150 menit per minggu menambahkan rata-rata 3,4 tahun ke dalam rentang hidup mereka. Orang-orang yang tidak berolahraga pada intensitas tinggi mengurangi tingkat kematian premature hingga 9 dan 13 persen.

Manfaat Segera

Selain memperlambat proses penuaan, olahraga juga memberikan banyak manfaat kesehatan secara langsung. Olahraga juga bisa membantu Anda mengontrol berat badan dan pola tidur di malam hari. Dengan begitu bisa meningkatkan kualitas hidup Anda.

(hel)

Baca Juga

4 Prinsip Fakta Diet yang Harus Anda Jalani

4 Prinsip Fakta Diet yang Harus Anda Jalani