Kulit Kering dan Dehidrasi Itu Beda, Ini Penjelasannya!

Kulit Kering dan Dehidrasi Itu Beda, Ini Penjelasannya!

Kulit kering (Foto: Healcure)

SEBAGIAN dari Anda mungkin masih merasa sulit untuk membedakan masalah kulit dehidrasi dengan kulit kering. Padahal keduanya memiliki definisi yang berbeda.

Dokter spesialis kulit dan kelamin, Jonathan Raharjo Subekti memaparkan bahwa kulit kering merupakan salah satu tipe kulit bawaan sejak lahir yang biasanya merupakan faktor genetis serta permanen. Sementara, kulit dehidrasi merupakan sebuah kondisi kulit yang kekurangan kadar air.

“Kondisi kulit dehidrasi biasanya bersifat sementara, tapi bisa terjadi pada segala jenis kulit, baik pada kulit kering, normal, kombinasi, maupun berminyak,” ujar dr Jonathan yang ditemui Okezone di kawasan Sudirman, Jakarta, Senin 19 Juni 2017.

Untuk mengatasinya, ada beberapa hal yang perlu dilakukan, di antaranya adalah mengonsumsi air mineral yang cukup, rutin menggunakan sunscreen dan pelembap, eksfoliasi, hingga menyemprotkan facial spray.

Lebih lanjut, dr Jonathan menyarankan untuk menjaga kulit agar tetap dalam performa terbaiknya. Keseimbangan kadar air dalam kulit berperan penting dalam menjaga fungsi utama kulit sebagai pelindung tubuh dari lingkungan luar dan menjaga kadar air dalam tubuh.

(dno)

Baca Juga

4 Cara Mudah Miliki Rambut Sehat dan Cantik Alami

4 Cara Mudah Miliki Rambut Sehat dan Cantik Alami