KAYA REMPAH: Belanja Rempah-Rempah ala Chef Bara Pattiradjawane di Pasar Peunayong Banda Aceh

KAYA REMPAH: Belanja Rempah-Rempah ala Chef Bara Pattiradjawane di Pasar Peunayong Banda Aceh

Pasar Peunayong di Banda Aceh (Foto:Instagram)

INGIN mengenal rempah-rempah khas Indonesia? Jangan ragu untuk bertandang ke pasar.

Ya pasar adalah tempat di mana semua kebutuhan pangan tersedia. Selain mencari apa yang menjadi kebutuhan dapur Anda hari ini, Anda pun bisa mengenal jauh tentang rempah Indonesia. Asal tidak malu bertanya.

Sementara pasar tradisional rupanya menjadi pilihan Chef Bara Raoul Pattiradjawane untuk berburu kebutuhan dapurnya. Dengan kamera di tangan, tidak lupa chef berdarah Ambon-Manado ini mengabadikan satu dua spot menarik dan mengunggahnya ke instagram.

Ketika mengunjungi Pasar Peunayong di Banda Aceh, Chef Bara mengabadikan pengalamanya. Pilihannya adalah sejumlah kios yang menjual bumbu dapur dan rempah-rempah.

Dalam sebuah foto, Chef Bara menjepret seorang ibu penjual bumbu dapur dan rempah yang sedang menunggu kiosnya. Di atas meja terdapat banyak bumbu dapur dan rempah-rempah serta sayur mayur. Tampak serai, lengkuas dan juga bunga kecombrang yang memberi aroma wangi dan rasa sedap pada masakan.

 


Serai umumnya digunakan pada bagian dalam dan berwarna putih. Serai memberikan aroma wangi pada masakan. Saat digunakan, serai biasanya akan dimemarkan atau digeprek.

Sementara bunga kecombrang atau honje seperti disarikan dari Wikipedia adalah sejenis tumbuhan rempah berbentuk terna dimana bunga, buah serta bijinya dimanfaatkan sebagai bahan sayuran.Kecombrang atau bunga honje terutama dijadikan bahan campuran atau bumbu penyedap berbagai macam masakan di Nusantara.

Sementara pada foto lainnya, tampak seorang ibu-ibu dan seorang pria penjual bumbu basah untuk masakan. Ada bumbu merah, bumbu kuning, bumbu putih dan banyak lainnya.

 


Dalam caption fotonya, Chef Bara menuliskan, "Mother and son team selling aromatic acehnese spices at Peunayong Market, Banda Aceh. "I've been selling here since my son was born" she said.

Juga ada foto, namun bukan di Pasar Peunayong, yang memperlihatkan bunga bawang yang juga umum untuk masakan.

Ternyata setiap daerah memiliki nama bunga bawang yang berbeda-beda. Hal ini terungkap dari komentar para netizen terhadap foto Chef Bara.

 


"Orang Sunda menyebutnya ulated," tulis netizen hjusuf, dan di Lombok disebut bulu bawang. Sementara di Malang disebut belalu.

Bunga bawang ternyata sangat dinikmati sebagai tumisan. Selain itu bunga bawang juga memiliki khasiat untuk kesehatan karena mengandung antiseptik dan senyawa alliin.

(ndr)

Baca Juga

Tips Sukses Bikin Saus Telur Asin yang Gurih & Legit, Banyak Buih Pertanda Bagus

Tips Sukses Bikin Saus Telur Asin yang Gurih & Legit, Banyak Buih Pertanda Bagus