SHARE LOC: Mudik Lewat Jalur Pantura? Jangan Lupa Cicipi 3 Kuliner Lezat Ini

SHARE LOC: Mudik Lewat Jalur Pantura? Jangan Lupa Cicipi 3 Kuliner Lezat Ini

Empal gentong khas Cirebon (Foto:Ilustrasi/Justtasteandtry)

HARI Raya Idul Fitri sudah di depan mata. Sebagian orang mulai melakukan berbagai persiapan untuk mudik ke kampung halaman. Momen ini memang paling ditunggu-tunggu. Apalagi jika Anda mudik menggunakan kendaraan pribadi.

Nah, jika jalur mudik Anda melewati kawasan Pantau Utara alias Pantura, Okezone telah merangkumkan beberapa rekomendasi kuliner yang wajib Anda cicipi ketika beristirahat di sejumlah daerah yang berada di sepanjang Pantura. Berikut ulasan lengkapnya, sebagaimana dilansir dari berbagai sumber, Selasa (20/6/2017).

Istirahat di Cirebon jajal empal gentong

 


Sekilas, empal gentong terlihat seperti olahan gulai daging. Bedanya, hidangan ini tidak hanya menyuguhkan daging saja, tetapi juga jeroan. Proses pengolahannya pun dilakukan di dalam kuali atau gentong yang terbuat dari tanah liat. Kuliner khas Cirebon ini umumnya disajikan bersama nasi putih hangat atau potongan lontong. Nah, jika Anda sedang berada di kawasan Pantura, salah satu rekomendasi tempat untuk menikmati hidangan ini adalah empal gentong Mang Dharma, yang beralamat di Jalan Slamet Riayadi No. 1, Krucuk.

Berhenti di Brebes beli telur asin

 


Jika sudah memasuki Kota Brebes, jangan lupa untuk mampir ke alun-alun kota dan mencicipi salah satu makanan khas Brebes yakni, telur asin. Keistimewaan telur asin khas Brebes terletak pada proses pengolahannya, ada yang direbus, bahkan diasap.

Makan malam di Tegal dengan sauto

 

Bagi para pencinta soto, mungkin akan ketagihan ketika mencicipi makanan yang satu ini. Sauto merupakan soto yang diolah menggunakan bumbu tauco. Untuk isiannya, sauto memiliki 3 pilihan yakni, sauto ayam, babat, atau sauto campur. Rekomendasi tempat terbaik untuk menikmati sauto adalah satu tauco Pasar Senggol yang berada di belakang pos polisi Alun-alun Masjid Agung Tegal.

(ndr)
Berita Rekomendasi Share Loc

Baca Juga

RESEP NENEK: Mudik Setelah Lebaran, untuk Bekal Perjalanan Enaknya <i>Bikin</i> Kering Kentang Balado

RESEP NENEK: Mudik Setelah Lebaran, untuk Bekal Perjalanan Enaknya Bikin Kering Kentang Balado