Astaga, Apel yang Anda Beli di Supermarket Bisa Jadi Sudah Berumur 1 Tahun

Astaga, Apel yang Anda Beli di Supermarket Bisa Jadi Sudah Berumur 1 Tahun

Bisa jadi apel di supermarket umurnya sudah setahun (Foto:Foodandwine)

KULKAS atau lemari pendingin merupakan sebuat alat rumah tangga yang mampu mengawetkan makanan. Umumnya, bahan makanan seperti daging, susu, sayuran, dan buah-buahanlah yang dimasukkan ke dalam alat ini.

Namun, siapa sangka jika ada sebuah alat khusus yang mampu mengawetkan buah apel hingga satu tahun lamanya. Hal tersebut sempat disinggung dalam sebuah buku yang ditulis oleh Harold McGee berjudul On Food and Cooking, "Apel mampu bertahan dalam waktu yang cukup lama (hampir setahun) jika udara (atmosfir) tempat penyimpanannya terkendali," ujarnya.

Fakta tersebut ternyata bukan sekadar eksperimen sains belaka. Apel memang dapat bertahan hingga satu tahun lamanya jika disimpan dengan teknik penyimpanan "controlled atmosphere".

Dalam arti lain, ada kemungkinan buah apel yang Anda beli di supermarket merupakan produk yang telah disimpan selama berbulan-bulan lamanya. Cara ini sebetulnya telah dilakukan oleh beberapa petani untuk menjaga stock apel segar sepanjang tahun.

Jadi bagaimana cara kerja teknik penyimpanan "controlled atmoshpere"?

Berdasarkan penjelasan seorang ahli dari United States Department of Agriculture, tahap pertama yang harus dilakukan adalah menyemprotkan gas khusus yang sering disebut 1-methylcyclopropene pada apel segar yang baru saja dipetik. Gas ini berfungsi untuk mencegah produksi hormon ethylene yang memicu tingkat kematangan pada buah.

Untuk produk apel yang tidak langsung dijual akan diletakkan pada ruang khusus yang memiliki oksigen rendah, namun memiliki karbon dioksida tinggi. Demikian dilansir dari Food and Wine, Rabu (21/6/2017). (NDR)

(ren)

Baca Juga

7 Fakta Unik Tentang Pisang, Salah Satunya Termasuk Bahan Radioaktif Alami

7 Fakta Unik Tentang Pisang, Salah Satunya Termasuk Bahan Radioaktif Alami