3 Arca Berbentuk Manusia yang Ada di Lahat

3 Arca Berbentuk Manusia yang Ada di Lahat

Arca Manusia di Lahat (foto: Situs Resmi Pemerintah Kabupaten Lahat)

KABUPATEN Lahat di Provinsi Sumatera Selatan menyimpan harta yang sangat berharga dan belum tersentuh. Salah satu yang jadi kebanggaan warganya ialah situs-situs peninggalan jaman megalitikum yang berjumlah jutaan di Lahat.

Situs-situs itu terhampar di daerah yang dipimpin oleh Aswari Rivai tersebut memiliki bentuk yang unik dan beragam. Beberapa di antaranya sudah bisa teridentifikasi aktifitas dan bentuknya. Salah satu bentuk arca yang unik ialah menggambarkan manusia. Ada tiga buah arca manusia yang ada di daerah berjuluk Bumi Seganti Setungguan.

Dikutip dari laman resmi Pemerintah Kabupaten Lahat, Selasa (20/6/2017), arca-arca manusia itu ditemukan di Kecamatan Pulau Pinang dan Kecamatan Jarai, Kabupaten Lahat. Situs-situs tersebut dinamakan Situs Tinggi Hari dan Situs Gunung Megang.

Arca manusia yang terdapat di Pulau Pinang, Kabupaten Lahat, menggambarkan seseorang yang mengenakan penutup seperti topi, tapi bentuknya menyerupai helm yang sudah rusak. Arca manusia tersebut posisi kepalanya agak maju kedepan dengan tubuh yang kekar. Matanya bulat, hidungnya pesek dan mulut lebar, serta kaki dan tangannya mengenakan gelang.

(foto: Pemerintah Kabupaten Lahat)

Situs Gunung Megang yang terdapat di Kecamatan Jarai Kabupaten Lahat, arca manusianya memiliki badan yang gemuk. Arca ini terlihat sedang menaklukan seekor gajah. Hal tersebut bisa terlihat dari belalai gajah yang melingkar pada tangan arca. Sebilah pedang pun terlihat di pinggang belakang arca.

(foto: Pemerintah Kabupaten Lahat)

Arca yang masih berada di Kecamatan Jarai dan termasuk ke Situs Gunung Megang yang satu ini juga berbentuk manusia. Tapi, arca digambarkan sedang mengendarai seekor gajah. Arca manusia tersebut juga terlihat sedang menggendong dua orang anak yang terlihat di bawah ketiak kanan dan kirinya.

(foto: Pemerintah Kabupaten Lahat)

Sosok yang digambarkan oleh arca merupakan seorang Negroid yang bermata bulat, hidung pesek dan telinga yang lebar. Ia mengenakan penutup kepala dan samar-samar terlihat mengenakan gelang tangan.

(fid)

Baca Juga

Insiden Merah Putih Terbalik, Ingat Lagi Warisan Budaya Indonesia yang Pernah Diklaim Malaysia

Insiden Merah Putih Terbalik, Ingat Lagi Warisan Budaya Indonesia yang Pernah Diklaim Malaysia