Tips Aman Naik Bus saat Mudik Lebaran

Tips Aman Naik Bus saat Mudik Lebaran

Ilustrasi Mudik Naik Bus (foto: Okezone)

MUDIK naik bus umum memang banyak dipilih para mudikers untuk mempermudah mereka kembali ke kampung halaman. Namun, mudik dengan kendaraan umum juga memiliki resiko tinggi untuk keamanan Anda dan keluarga.

Tak sedikit, orang jahat memanfaatkan waktu untuk mencuri atau menipu di sepanjang perjalanan. Oleh sebab itu, Anda harus berhati-hati dan persiapkan perjalanan dengan matang. Terlebih untuk menjaga barang-barang bawaan Anda.

Namun tenang saja, Okezone akan berbagi tips aman naik bus saat mudik lebaran untuk mudikers. Simak ulasannya ya!

Sisihkan uang kecil

Saat berada di terminal, lebih baik Anda pisahkan uang kecil untuk mencukupi biaya makan atau toilet. Dengan begitu, Anda tidak akan menarik perhatian orang jahat untuk mencuri uang Anda.

Usahakan juga hindari membawa banyak uang cash, karena Anda bisa menjadi sasaran empuk mereka.

Pisahkan barang bawaan Anda

Sangat disarankan untuk memisahkan barang-barang bawaan Anda. Barang berharga seperti laptop, kamera, dan telefon genggam lebih baik satu tas dengan dompet Anda. Kemudian, gunakan tas yang kokoh, dan juga dikunci menggunakan gembok.

Jangan sesekali meninggalkan barang bawaan

Jika menggunakan bus sangat tidak disarankan untuk meninggalkan barang bawaan di bus kemana pun Anda pergi.

Sebab, saat istirahat bus banyak menjadi sasaran orang-orang jahat untuk menjarah barang berharga penumpang yang tengah makan. Tetap waspada sepanjang perjalanan ya mudikers.

(fid)

Baca Juga

Tran Quoc, Pagoda Merah Tertua di Hanoi

Tran Quoc, Pagoda Merah Tertua di Hanoi