SHARE LOC: Menjelajah Pesona Alam Kabupaten Lahat yang Berbukit

SHARE LOC: Menjelajah Pesona Alam Kabupaten Lahat yang Berbukit

Batu Macan, Lahat (foto: Instagram/@explorelahat)

KABUPATEN Lahat bisa dibilang merupakan kabupaten yang jarang diketahui oleh masyarakat Indonesia. Bahkan, Lahat yang dipimpin oleh Aswari Rivai ini masih asing terdengar di telinga para traveller.

Tanpa kita sadari, Kabupaten Lahat memiliki sejumlah pesona yang tidak kalah indah dengan daerah-daerah wisata terkenal lain seperti Lombok, Bali, atau yang terdekat dari Jakarta yaitu Bandung. Lahat memang tidak memiliki laut atau pantai seindah yang ada di Bali atau Lombok, tapi bukan berarti Lahat tidak istimewa.

Lahat memiliki anugerah pemberian Tuhan yang tidak dimiliki oleh daerah lain, yaitu air terjun dan situs megalit. Bukan satu, dua atau tiga jumlahnya, tapi ribuan bahkan jutaan!

Keadaan geografis Lahat yang berbukit-bukit membuat banyak air terjun terdapat di kota ini. Saking banyaknya air terjun atau curup dalam bahasa Lahat, kota tersebut mencetak rekor sebagai daerah dengan jumlah air terjun terbanyak di Indonesia dari MURI.

Tidak hanya curup yang berjumlah ribuan, situs megalit yang ada di Lahat juga berjumlah jutaan. Situs-situs tersebut terhampar di Tanah Lahat.

Tiger Megalith Stone. Location: Pagar Alam village, Pagar Gunung, Lahat, South Sumatra,Indonesia. Photo by @shyntaps - Kabupaten Lahat terkenal dengan 1000 Megalith. Salah satunya Batu Macan ini. . Konon batu ini sudah ada sejak abad ke 14 yang terletak di Desa Pagar Alam Kecamatan Pagar Gunung, Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan. . Penduduk setempat meyakini batu macan adalah simbol sebagai wujud nyata paraturan adat (perdat) yang harus dipatuhi. Menurut cerita penduduk setempat Dahulu kala ada seekor macan yang kerap kali mengganggu masyarakat desa di empat wilayah (Pagar Gunung, Gumay Ulu, Gumay Lembah, dan daerah Gumay Talang) Keganasan macan yang semakin merajalela kepada penduduk, membuat Si Pahit Lidah memperingati macan untuk tidak meneruskan kelakuannya, namun sampai tiga kali teguran tidak pernah dipatuhinya dan macan terus saja mengganggu penduduk. . Ketika Si Pahit Lidah sedang bersantai dan berjemur di batu penarakan sumur tinggi, dari jauh dilihatnya seorang wanita sedang menjemur padi sambil menggendong anaknya, dan pada saat yang sama datang seekor macan dari arah belakang wanita secara mengendap-endap untuk menerkam wanita bersama anak yang ada di gendongannya. . Melihat itu, kembali Si Pahit Lidah memperingati macan, namun sayangnya teguran itu tidak juga membatalkan niatnya untuk menerkam wanita tersebut, sampai akhirnya Si Pahit Lidah berucap “Aii, dasar batu kau nii!” dan tiba-tiba macan tersebut berubah menjadi batu. Anehnya, bukan hanya macan yang menerima kutukkan dari Si Pahit Lidah, wanita berserta anak yang sedang digendongnya turut menjadi batu. Setelah diselidiki, ternyata wanita tersebut adalah wanita pezinah dan anak yang sedang digendongnya adalah anak hasil perzinahan. . Dari kisah itu, penduduk setempat mempercayai, apabila seseorang diketahui berzinah, maka terdapat hal-hal yang harus dilakukan oleh si pelaku yakni menyembelih kambing sebagai basoh rumeh (pembersih rumah. red), dan apabila si wanita mengandung dan melahirkan, maka harus menyembelih kerbau sebagai basoh marge (pembersih lingkungan. red). Sumber : Me and Google . #lahat #explorelahat #palembang #explorepalembang #sumsel #exploresumsel #exploreindonesia

Sebuah kiriman dibagikan oleh EXPLORELAHAT™, South Sumatera (@explorelahat) pada Mar 26, 2017 pada 5:34 PDT

Beberapa di antaranya bahkan membentuk pemukiman megalit karena ada situs lebih dari satu yang ditemukan dalam satu kawasan, ada pula rumah yang terbuat dari batu-batu besar dengan dinding yang terukir coretan makhluk aneh yang tidak diketahui nama dan jenisnya.

Istimewanya, alam di Lahat masih belum terkontaminasi oleh sentuhan manusia, sebagian air terjun berada di tempat terpencil, sehingga membuat air terjun sulit dicapai dan masih perawan. Banyak wisatawan yang belum tahu soal Lahat, maka jadilah salah satu terdahulu yang mengeksplor Lahat. Ayo Lihat Lahat!

(fid)

Baca Juga

OBAMA DI BALI: Intip <i>Yuk</i> Kamar Mewah Obama saat Istirahat di Ubud

OBAMA DI BALI: Intip Yuk Kamar Mewah Obama saat Istirahat di Ubud