JELAJAH ISLAM: Makam-Makam Keramat di Pulau Lombok

JELAJAH ISLAM: Makam-Makam Keramat di Pulau Lombok

Makam Selaparang, Lombok (foto: Instagram/@orri_kankkung)

BERWISATA ke Lombok jangan cuma pergi ke gunung dan pantai saja. Anda bisa lho berziarah ke makam keramat sebagai salah satu perjalanan wisata religi.

Sebagai kota dengan mayoritas penduduknya muslim, ternyata banyak makam-makam keramat bisa ditemukan di Lombok. Dan, beberapa di antaranya memiliki mitos lho.

Penasaran? Berikut rangkuman Okezone.

Makam Selaparang

Makam ini merupakan kuburan Raja Selaparang dan orang tuanya. Banyak penziarah datang ke sana ketika menjelang bulan haji.

Makam ini juga menjadi bukti jika Agama Islam pernah disyiarkan di Lombok. Sebab, salah satu nisan di makam ada yang bertuliskan Bahasa Arab yang dipadukan dengan huruf Bali " La ilaha ilallah, wa muhammadun rasul, ulla, maesan gegawean dan prayuga". Konon, jika Anda masih lajang dan membasuh muka di sini, diyakini bakal enteng jodoh.

Makam Keramat Cemare

Makam Keramat Cemare ini terkenal di kalangan penziarah karena letaknya yang berada di seberang Pelabuhan Lembar. Sehingga, makam tersebut begitu cantik ketika disambangi.

Makam Cemare ini merupakan kuburan salah satu tokoh pemuka agama di Lombok yang sudah ada sejak zaman dulu. Namun, meskipun belum dikenal tokohnya, kuburan tetap ramai peziarah karena keunikan makam yang berlokasi di tengah pulau tak berpenghuni.

Makam Loang Baloq

Makam keramat ini cukup terkenal di lombok karena penempatan makam yang unik. Di mana kuburan diletakkan di dalam pohon beringin yang sangat besar, jika dilihat dari jauh seperti lubang besar di pohon itu.

Di makam ini rupanya begitu banyak makam keramat, dan merupakan makam tokoh-tokoh besar seperti Maulana Syech Gaus Abdurrazak, Makam Anak Yatim dan Datuk Laut.

(fid)

Baca Juga

SHARE LOC: <i>Yeay</i>! <i>Snorkeling</i> di Pulau Pinjan <i>Enggak</i> Perlu Basah-basahan <i>Lho</i>

SHARE LOC: Yeay! Snorkeling di Pulau Pinjan Enggak Perlu Basah-basahan Lho