Waspada, Bahan Kimia Deterjen Sebabkan Bayi Lahir Cacat

Waspada, Bahan Kimia Deterjen Sebabkan Bayi Lahir Cacat

Ilustrasi (Foto: Ahs)

PERINGATAN untuk para pasangan suami-istri yang hendak memiliki keturunan. Sebuah studi baru mengungkapkan, paparan bahan kimia dari deterjen, sampo dan conditioner berisiko menyebabkan bayi lahir cacat.

Penelitian dilakukan pada tikus percobaan dan menemukan bahan kimia, yang dikenal sebagai senyawa amonium kuartener atau ''quats'', dapat menyebabkan cacar lahir pada otak, tulang belakang atau sumsum tulang belakang. Terry Hrubec, Assoiate Professor di Edward Via College of Osteopathic Medicine (VCOM) di Virginia, Amerika Serikat, mengatakan, bahan kimia tersebut sering digunakan di rumah, rumah sakit, ruang publik dan kolam renang.

"Cacat lahir terlihat saat pria dan wanita terpapar, begitu juga saat hanya ada satu di antaranya yang terpapar," tuturnya yang dikutip Zeenews, Selasa (20/6/2017).

Untuk penelitian ini, tim menyelidiki efek dua quats yang umum digunakan-alkil dimetil benzil amonium klorida dan didekil dimetil amonium klorida. Keduanya sering tercantum dalam daftar bahan sebagai ADBAC dan DDAC, dan dinilai untuk sifat antimikroba dan antistatis, serta kemampuan mereka menurunkan tegangan permukaan.

Keduanya digunakan sebagai bahan pembersih dan disinfektan, tisu tangan, pengawet makanan, perawatan kolam renang, produk binatu, sampo, conditioner, obat tetes mata dan produk perawatan pribadi lainnya. Paparan terhadap bahan kimia ini juga mengakibatkan cacat lahir, seperti cacat tulang belakang (spina bifida) dan cacat tulang tengkorak dan otak bayi tidak terbentuk {anencephaly}.

"Kami juga mengamati peningkatan cacat lahir pada tikus selama 2 generasi setelah berhenti terpapar. Meskipun penelitian dilakukan pada tikus, namun bahan kimia ini juga mungkin beracun bagi manusia," pungkas Hrubec.

(hel)
Berita Rekomendasi Penyebab bayi lahir cacat

Baca Juga

Jangan Malu Ladies, Masturbasi Cegah Miss V Kering hingga Terhindari dari Depresi

Jangan Malu Ladies, Masturbasi Cegah Miss V Kering hingga Terhindari dari Depresi