Menkes Nila Tinjau Posko Kesehatan di Stasiun Pasar Senen

Menkes Nila Tinjau Posko Kesehatan di Stasiun Pasar Senen

Menkes tinjau posko kesehatan di Stasiun Pasar Senen (Foto: Tiara/Okezone)

MENTERI Kesehatan, Nila F. Moeloek melakukan kunjungan ke Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, guna meninjau posko kesehatan yang disiapkan. Bersama Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (PTKAI), Edi Sukmoro, Menkes meninjau kesiapan 2 posko kesehatan yang berada di luar peron.

Setelah itu, Nila juga menengok dan berbincang dengan para penumpang yang berada di ruang tunggu dan di dalam kereta. Nila mengapresiasi kesiapan PT Kereta Api Indonesia dalam mengantisipasi kesehatan pemudik maupun masinis dan petugas lainnya dalam melakukan perjalanan.

“Ternyata memang benar pada hari ini sudah terjadi peningkatan yang lumayan. Satu hari bisa ribuan pemudik. Dari sisi kesehatan, kami ingin mengecek masinis dan kru lainnya dalam kondisi sehat atau tidak. Karena kalau tidak sehat tidak diijinkan berangkat,”ujar Nila.

Selain itu, Nila juga mengimbau kepada para penumpang yang mudik menggunakan kereta api untuk segera mengecek kesehatannya di posko yang sudah disiapkan apabila terjadi keluhan. “Tadi kata dokter yang berjaga di pos kesehatan, kebanyakan penumpang mengeluh memiliki tekanan darah tinggi dan maag,” tambah Nila.

Terdapat tiga posko kesehatan di Stasiun Pasar Senen, dua di luar peron dan satu di dalam peron, yang dilengkapi perlengkapan medis standar. Terdapat pula ruang untuk ibu menyusui dan ruang tunggu ber-AC agar penumpang merasa nyaman saat menunggu jam keberangkatan.

Sementara itu, untuk menunjang kesehatan para pemudik, Kementerian Kesehatan telah menyiapkan 3.826 posko kesehatan. Nila juga mengatakan bahwa ambulance yang disiapkan bukan hanya roda empat tetapi juga roda dua. Selain itu, disiapkan pula tim-tim relawan yang siap membantu pemudik bila terjadi keluhan.

(hel)

Baca Juga

4 Prinsip Fakta Diet yang Harus Anda Jalani

4 Prinsip Fakta Diet yang Harus Anda Jalani