Imbauan Menkes untuk Pemudik agar Tetap Sehat di Perjalanan

Imbauan Menkes untuk Pemudik agar Tetap Sehat di Perjalanan

Menteri Kesehatan Nila Moeloek tinjau posko kesehatan di Stasiun Pasar Senen (Foto: Tiara/Okezone)

PAGI tadi Menteri Kesehatan RI, Nila F. Moeloek meninjau posko kesehatan mudik di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat. Dalam kesempatan tersebut, Menkes Nila juga memberikan imbauan kepada para pemudik.

Menkes meminta agar pemudik ikut membantu pemerintah dalam kelancaran arus mudik tahun ini. Terlebih pemerintah sudah berupaya untuk memperlancar arus mudik seperti penambahan jumlah transportasi umum, menyiapkan posko kesehatan, dan membuat jalan tol fungsional.

Inilah beberapa imbauan Menkes untuk para pemudik agar arus mudik berjalan lancar yang dirangkum Okezone, dari Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Selasa (20/6/2017):

Menjaga kesehatan

Sebelum berangkat mudik, pastikan tubuh dalam kondisi sehat. Masyarakat harus mengubah paradigma sehatnya. “Jadi jika (mau) pergi dalam keadaan sakit, ya tunda dulu lah mau tidak mau. Jangan maksa,” kata Nila.

Persiapkan kebutuhan

(Foto: Tiara/Okezone)

Mereka yang ingin mudik tentunya sudah bisa mengira-ngira kebutuhan yang diperlukan, termasuk bekal makanan. Jangan makan sembarangan untuk menghindari penyakit, seperti diare.

Tidak usah menunggu dalam waktu lama

Pembelian tiket menggunakan kereta api maupun pesawat kini sudah secara online jadi jam keberangkatan dan tempat duduk sudah pasti. Jadi untuk para pemudik, minimal dua jam sebelum keberangkatan baru datang agar tidak sakit bila menunggu terlalu lama. “Tadi masih banyak yang sudah datang dari jam lima pagi, padahal keretanya berangkat jam duabelas siang,” ujar Nila.

Cek ke posko kesehatan

(Foto: Kemenkes RI/Twitter)

Apabila para pemudik memiliki keluhan sakit, diharapkan segera mengecek kesehatannya di posko kesehatan yang sudah disiapkan. Hal ini guna meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan di dalam perjalanan. Selain itu, bagi para perempuan hamil yang mudik menggunakan transportasi umum juga perlu mengecek kesehatan kandungannya.

Jangan lupa membawa kartu BPJS atau KIS

Bagi para pemudik yang memiliki kartu BPJS Kesehatan atau Kartu Indonesia Sehat (KIS), jangan lupa membawa kartunya. Jika tiba-tiba sakit, bisa ke rumah sakit. "Pemerintah sudah memberi jaminan dalam hal ini. Tapi jangan lupa membawa kartu BPJS Kesehatan atau KIS-nya," kata Nila.

Harus mengatur barang bawaan

Saat mudik, tentunya banyak bawaan yang ingin dibawa. Hal ini juga perlu diperhatikan oleh para pemudik. Jangan membawa barang terlalu banyak, cukup barang-barang diperlukan. “Saya kira itu yang perlu diatur ya,” tambah Nila.

(hel)

Baca Juga

4 Prinsip Fakta Diet yang Harus Anda Jalani

4 Prinsip Fakta Diet yang Harus Anda Jalani