Amankah Usir Lelah di Perjalanan Mudik dengan Konsumsi Minuman Energi?

Amankah Usir Lelah di Perjalanan Mudik dengan Konsumsi Minuman Energi?

Ilustrasi (Foto: Mensfitness)

MEMASUKI H-5 Lebaran, jalanan sudah mulai dipadati oleh rombongan pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi untuk kembali ke kampung halaman. Banyaknya pemudik yang pergi dalam waktu bersamaan membuat jalanan menjadi macet.

Jalanan yang macet membuat waktu perjalanan menjadi lebih lama. Dengan begitu tubuh menjadi lebih lelah. Untuk mengatasinya, banyak pengemudi yang memilih untuk minum minuman berenergi demi menjaga staminanya agar tetap kuat menyetir.

“Banyak orang yang ingin secepatnya sampai ke kampung halaman. Akibatnya, yang diminum adalah energy drink, kopi, atau makan permen kopi. Itu (hanya) sebagai stimulan (sementara) karena ada kafeinnya yang membuat tubuh menjadi lebih segar,” ujar dokter spesialis keolahragaan, dr Michael Triangto, SpKO saat ditemui Okezone beberapa waktu lalu.

Namun, menurut dr Michael, jika memaksakan diri untuk menyetir karena merasa segar dengan minuman berenergi, setelahnya tubuh akan lebih lelah dan menjadi mengantuk. Saat menyetir, pengemudi juga perlu membatasi diri agar tidak terlalu lama duduk.

“Usahakan setiap 2 jam sekali harus beristirahat. Setengah jam sudah cukup untuk bisa kembali menyetir. Dicukupkan untuk minum, buang air kecil, dan peregangan. Kalau perlu, berbaring,” tambah dr Michael.

Tentu Anda ingin tubuh tetap sehat ketika sampai di kampung halaman. Maka dari itu, jangan memaksakan diri untuk terus menyetir dengan minim istirahat. Idealnya waktu menyetir adalah 2 jam, atau jika ingin dipaksa paling maksimal adalah 3 jam.

Tidak ada salahnya menepi sebentar di tempat peristirahatan untuk membuat tubuh lebih bertenaga. Dengan begitu, Anda bisa meminimalisir risiko yang mungkin terjadi dalam perjalanan seperti kecelakaan.

(hel)

Baca Juga

Ingat, Bunda! Tidur Malam Berkualitas Bisa Pengaruhi Kecerdasan Anak

Ingat, Bunda! Tidur Malam Berkualitas Bisa Pengaruhi Kecerdasan Anak