Pemicu Meningkatnya Hormon Estrogen pada Pria

Pemicu Meningkatnya Hormon Estrogen pada Pria

Ilustrasi (Foto: Menstrait)

TIDAK seperti wanita, pria hampir dikatakan tidak memiliki hormon estrogen. Tapi ada kalanya hormon tersebut meningkat karena beberapa faktor.

Salah satunya yakni mengonsumsi makanan awetan yang tinggi natrium. Belum lagi bagi pria yang terbiasa konsumsi junk food.

Diterangkan Ahli Onkologi Dr dr Nugroho Prayogo SpPD-KHOM, makanan awetan mengandung lemak jahat yang bisa dipecah menjadi kolesterol. Nah, inilah sumber utama pemicu tingginya estrogen.

"Sebabnya pria banyak mengonsumsi makanan tidak sehat. Dietnya tidak dikontrol, bisa jadi memicu estrogen dan sel kanker," ujar dr Nugroho saat ditemui di kawasan Gondangdia, Jakarta Pusat baru-baru ini.

Tak hanya itu, paparan radiasi dari benda-benda elektronik juga memicu tingginya estrogen. Ini malah lebih cepat memicu perubahan zat karsinogenik.

"Sekarang hampir semua orang menggunakan gadget tanpa ada batasan. Paparan radiasinya yang sangat berbahaya," kata dr Nugroho.

Karena itu, pria disarankan untuk membatasi konsumsi makanan tidak sehat. Mengingat, penyakit kanker bisa menyerang Anda lebih dini atau di usia muda.

(hel)

Baca Juga

Waspada, Kelelahan di Perjalanan Mudik Undang Penyakit Datang

Waspada, Kelelahan di Perjalanan Mudik Undang Penyakit Datang