Daftar Pendaki Terkenal yang Berhasil Menaklukkan Puncak Cartensz

Daftar Pendaki Terkenal yang Berhasil Menaklukkan Puncak Cartensz

Ilustrasi Pendakian ke Puncak Cartensz Pyramid, Papua (foto: Instagram/@climbindonesia)

MENDAKI puncak gunung termahal di dunia Cartensz Papua, ternyata sama sulitnya dengan menabung biaya pendakian ke sana. Data statistik resmi pada 2005 mengatakan tidak lebih dari sekiranya 100 pendaki sudah mendaki gunung tersebut.

Meskipun jumlah pendakinya masih sedikit dan termasuk rendah, daftar tersebut mencakup nama beberapa pendaki terkenal. Reinhold Messner salah satunya yang meninggalkan jejak di salju dan lumpur.

Dilansir dari Cartensz Papua, Senin (10/7/2017), berikut daftar singkat pendaki yang pernah memijakkan kakinya di puncak gunung termahal di dunia tersebut.

1. Heinrich Harrer

Heinrich Harrer adalah orang pertama di bumi yang mendaki puncak Carstensz pada 1962. Setelah kembali dari pendakian, dia menulis sebuah buku berjudul "Saya berasal dari zaman batu". Dia mengucapkan kata-kata ini ketika berada di Papua:

"Di Aigera saya ingin menguji kemampuan saya, di Himalaya saya mengenal kesepian, di Tibet orang-orang yang tidak biasa. Di Pulau New Guinea saya menemukan semuanya."(Heinrich Harrer, pemanjat legendaris Austria)

Heinrich Harrer meninggal pada 7 Januari 2006 diusia 93 tahun. Dia adalah teman baik Dalai Lama.

2. Ripto Mulyono

Pada 2005 Ripto Mulyono mencapai puncak Carstensz dua puluh kali. Dia adalah anggota tim pendakian nasional Indonesia, dan dia memberikan pelajaran pelatihan kepada temannya Frenky Kowass saat mendaki Carstensz.

3. Frenky Kowass

Frenky Kowass merupakan orang pertama yang memasang tali tetap di rute normal puncak Carstensz. Pria ini adalah teman baik dari Ripto Mulyono, orang yang memberikannya pelajaran pelatihan mendaki Carstensz.

4. Reinhold Messner

Reinhold Messner adalah orang pertama yang menaklukan delapan gunung tertinggi dunia. Ia merupakan legenda dalam dunia pendakian. Kesuksesannya tidak perlu diingatkan.

Alasan mengapa dia begitu penting dalam kaitannya dengan puncak Carstensz bukan karena pendakian yang tidak biasa, tapi karena perselisihan ia memulai pendakian puncak Carstensz.

(fid)

Baca Juga

Langkah Aman Menghindari Pencopet Paspor saat Melancong ke Luar Negeri

Langkah Aman Menghindari Pencopet Paspor saat Melancong ke Luar Negeri