Minum Secangkir Kopi Arang Setiap Hari Ampuh Mencegah Diare

Minum Secangkir Kopi Arang Setiap Hari Ampuh Mencegah Diare

Kopi arang (Foto: Nomadicnotes)

KOPI arang? Apa itu? Sejenis kopi kah? Atau arang yang diseduh seperti kopi? Diketahui, arang kopi biasa disebut dengan Café Arabica. Kopi jenis ini dihasilkan dari memanggang bagian terluar biji kopi sampai menghitam atau hangus.

Kopi saat ini menjadi salah satu identitas diri yang sulit dipisahkan. Mereka yang gemar minum kopi mengartikan diri sebagai seseorang yang aktif dan energik. Sebab, salah satu manfaat dari kopi memang membangkitkan semangat. Terlebih bila Anda meminumnya di pagi hari.

Terlepas dari itu, banyak sekali jenis kopi yang ada di Indonesia. Nah, salah satunya adalah kopi arang ini. Bila merujuk pada manfaat selain pembangkit semangat, secara spesifik ternyata kopi jenis ini punya khasiat yang ternyata berbanding terbalik dari kebanyakan kopi yang ada.

Dilansir dari Emedicinehealth, kopi arang ternyata memiliki manfaat sebagai penyembuh diare. Namun, bukan dengan sekali minum, diare pun mampet! Tidak, direkomendasikan ahli medis, untuk manfaat penyembuhan diare ini, Anda harus rutin dalam sebulan untuk setidaknya sehari segelas kopi arang.

Selain itu, kopi arang juga dianggap ampuh untuk mengobati mulut dan tenggorokan yang radang. Kemudian, bila Anda mengaplikasikan langsung bubuk kopi arang ke luka yang terinfeksi, itu sebagai cara mempercepat penyembuhan.

Manfaat tersebut bisa dirasakan, karena kopi arang mempunyai senyawa yang mampu mengurangi pembengkakan sekaligus memiliki efek pengeringan (astringent) pada jaringan. Maka dari itu, bila dikonsumsi dan dipergunakan dengan benar, kopi arang baik untuk kesehatan tubuh Anda bukan sekadar "doping" semangat setiap pagi.

Oh iya, dikatakan juga bagi ibu yang sedang mengandung atau menyusui, boleh mengonsumsi kopi ini. Namun, tetap dalam asupan yang tepat, agar kesehatan ibu dan bayi tetap terjaga.

(hel)
Berita Rekomendasi Kopi Arang

Baca Juga

Selain Memicu Stres, Orangtua Bercerai Bisa Membuat Anak Rentan Obesitas

Selain Memicu Stres, Orangtua Bercerai Bisa Membuat Anak Rentan Obesitas