Bikin Dada Deg-degan, Ada Kereta Api Lewat di Halaman Rumah Warga

Bikin Dada Deg-degan, Ada Kereta Api Lewat di Halaman Rumah Warga

Kereta Api Melintasi Halaman Perumahan Warga di Ponggok, Yogyakarta (foto: Youtube/Adryan Rezza Fachrizal)

TRAVELLING menggunakan kereta api mungkin sudah biasa, tapi kalau kereta apinya melalui jalan yang tidak biasa seperti halaman rumah, bagaimana rasanya?

Berada di daerah yang satu ini, wisatawan yang baru kali pertama datang berkunjung pasti akan terkejut. Pasalnya, ada rel kereta api yang membentang di halaman rumah. Kok bisa?

Jalur kereta api yang tidak biasa ini ditemukan di Indonesia, khususnya Pengok, Yogyakarta. Warga yang tinggal di kawasan tersebut mungkin tidak akan kaget lagi bila sewaktu-waktu kereta lewat. Namun, bagi orang baru bisa kaget berkali-kali mendengar klakson kereta.

Tidak hanya lewat halaman depan rumah warga, kereta juga menyusuri gang-gang yang terbilang sempit tepat di depan rumah warga. Bahkan, jarak kereta dengan pintu rumah hampir satu meter.

Faktor yang menyebabkan kereta lewat halaman rumah warga ini ialah, kereta yang melewati jalur tersebut hanya jika hendak menuju bengkel kereta api Balai Yasa Yogyakarta, untuk melakukan perbaikan. Jadi, bukanlah jalur kereta antar kota atau antar provinsi yang pasti setiap hari lewat.

Walaupun kereta lewat depan rumah, bukan berarti jalur ekstrem ini membahayakan warganya. Sebab, kecepatan kereta ketika melewati halaman rumah atau gang-gang sempit hanya 5-10 km per jam saja, dan tidak setiap hari lewat.

Namun, kehati-hatian harus tetap dijaga agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, semisal kecelakaan yang memakan korban jiwa. (fid)

(ful)

Baca Juga

Langkah Aman Menghindari Pencopet Paspor saat Melancong ke Luar Negeri

Langkah Aman Menghindari Pencopet Paspor saat Melancong ke Luar Negeri