Sebelum Mengadili Pelaku Bully di Sekolah, Soroti Dulu Pengasuhan Orangtuanya

Sebelum Mengadili Pelaku Bully di Sekolah, Soroti Dulu Pengasuhan Orangtuanya

Ilustrasi (Foto: Hipwee)

VIDEO bully aksi bocah SMP yang tersebar di media sosial membuat masyarakat dan orang dewasa geram. Rasanya ingin langsung menghakimi pelaku bully yang tidak bermoral dan berprikemanusiaan.

Dari video yang tersebar, menunjukkan segerombolan bocah SMP mem-bully seorang siswi. Anak tersebut diserang dan direndahkan harga dirinya. Netizen yang melihat video tersebut di akun Instagram gossip merah dan mengecam aksi tersebut.

Melihat video yang menyayat hari tersebut, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Yohana Yembise mengimbau agar pelaku tak langsung dijerat dengan hukuman.

“Cari tahu dulu anak itu hidup di lingkungan yang bagaimana. Bisa saja dia punya masalah kemudian jadi melampiaskan ke temannya yang tidak salah,” kata Yohana kepada Okezone, Selasa (18/7/2017).

Faktor penyebab seorang anak melakukan bully dulu yang harus diketahui. Soroti pola pengasuhan orangtua dan lingkungan tempat tinggal mereka.

“Biasanya anak yang mem-bully itu karena mereka juga mendapat kekerasan di lingkungannnya, atau dia sering melihat orangtuanya berkelahi saling serang, atau bisa juga memang dia bisa tinggal di lingkungan yang kasar,” sambungnya menjelaskan.

Sejauh ini, kasus bully yang melibatkan siswa-siswi kelas 7 tersebut sedang dalam penyelidikan. Belum diketahui bagaimana nasib korban bully yang teraniaya.

(vin)

Baca Juga

LIFE STORY #3: "Saya Lanjut Gaungkan Anti <i>Bullying</i> ke Setiap Sekolah!"

LIFE STORY #3: "Saya Lanjut Gaungkan Anti Bullying ke Setiap Sekolah!"