Memasak Tanpa Garam Bisa Tetap Enak? Bisa Donk, Pakai Rumput Laut

Memasak Tanpa Garam Bisa Tetap Enak? Bisa Donk, Pakai Rumput Laut

Rumput laut (Foto:Istimewa)

BEBERAPA orang suka menambahkan garam dalam makanannya apabila rasa makanan kurang nendang. Begitu juga dengan ibu yang memasak. Apabila dirasa masakannya hambar, ibu biasanya memilih menambahkan garam atau penyedap rasa. Padahal, cara itu berdampak tidak baik bagi kesehatan.

Terlalu banyak mengonsumsi garam atau sodium baik dalam jangka panjang maupun pendek, bisa menimbulkan sejumlah masalah kesehatan. Sebut saja darah tinggi dan retensi air pada tubuh. Cara terbaik adalah mengurangi asupan garam. Jangan takut masakan terasa hambar, karena ada beberapa trik untuk mengatasinya.

Dilansir dari Health, Senin (17/7/2017), inilah beberapa cara yang bisa diterapkan agar masakan tetap memiliki cita rasa kuat walaupun jumlah garam berkurang,

 

Menambah rempah-rempah

Cara terbaik untuk meningkatkan cita rasa makanan adalah menggunakan rempah-rempah yang lebih banyak. Terlebih Indonesia kaya akan rempah-rempah. Lada hitam, oregano, dan campuran rempah-rempah bisa Anda jadikan pilihan. Terlebih, rempah-rempah adalah makanan bebas kalori. Jadi, Anda bisa menambahkannya sesuai keinginan Anda.

Menambah rasa asam

Untuk menyiasati rasa pada makanan yang tidak diberi garam, Anda bisa menambahkan cuka anggur merah atau balsamic ke makanan seperti pasta dan salad. Anda juga bisa menggunakan perasan jeruk pada ayam panggang agar ketika digigit daging ayam memiliki rasa yang tajam.

Menaburi rumput laut

Rumput laut biasanya digunakan untuk membuat sushi atau es buah. Tapi tahukah Anda bahwa ternyata rumput laut bisa menawarkan rasa yang unik pada hidangan makanan? Bubuk rumput laut bisa Anda dapatkan di toko bahan makanan.

 

Mengubah teknik memasak

Teknik memasak yang Anda gunakan berpengaruh pada cita rasa makanan. Alih-alih hanya mengukus sayuran, Anda bisa mencoba untuk memasaknya lebih lama atau memanggang. Cara ini bisa meningkatkan cita rasa makanan dan mengubah teksturnya. Ini bisa diterapkan ke masakan apa saja selain sayuran.

(ndr)

Baca Juga

Fenomena <i>Naive Subject</i> Picu Konsumsi Gula, Garam dan Lemak Berlebih

Fenomena Naive Subject Picu Konsumsi Gula, Garam dan Lemak Berlebih