Telur hingga Daging Olahan, Jenis Makanan yang Pantang Masuk Microwave

Telur hingga Daging Olahan, Jenis Makanan yang Pantang Masuk Microwave

Makanan dalam microwave (Foto: Healthharvard)

KEHADIRAN mesin otomatis seperti microwave, memang membuat kegiatan seputar menyantap makanan sehari-hari menjadi lebih mudah untuk dilakoni.

Akan tetapi, tahukah bahwa tidak semua jenis produk makanan bisa aman dihangatkan atau dimasak dengan cara dimasukkan ke dalam microwave karena bisa menghasilkan reaksi yang tidak dinginkan. Apa saja jenis makanan tersebut? Sontek ulasan singkatnya berikut ini.

Telur mentah 

Memasukkan telur mentah ke dalam microwave dengan harapan telut tersebut bisa matang, merupakan kesalahan besar yang harus dihindari. Pasalnya, suhu panas tinggi dalam microwave akan menciptakan uap di dalam telur sehingga tekanan dalam telur menjadi tinggi dan menjadikan telur bukannya menjadi matang malah bisa membuat menjadi terburai meledak.

Cabai 

Sebagaimana disitat Mashed, Senin (17/7/2017) capsaicin yang ada pada cabai akan menguap ketika bertemu panas dari suhu tinggi di dalam microwave, yang akhirnya membuat cabai walaupun tidak meledak tetap menjadi kurang layak dikonsumsi karena sudah bercampur dengan uap tersebut.

ASI 

Menghangatkan pasokan ASI beku yang diambil dari freezer tidak boleh dilakukan sembarangan loh. Menurut aturan dari Food and Drug Administration (FDA), hanya memanaskan air susu Ibu dengan memasukkannya ke dalam microwave hanya akan membuat air susu panasnya kurang sempurna dan menimbulkan titik-titik panas tertentu, yang sensitif untuk langit-langit mulut bayi dan balita.

Daging olahan 

Produk daging olahan, seperti sosis juga disebutkan sebagai salah satu jenis produk makanan yang sebaiknya tidak dimasukkan ke dalam microwave. Menurut jurnal penelitian yang dipublikasikan oleh Food Control, memasukkan daging olahan ke dalam microwave akan membentuk formasi kolesterol yang teroksidasi di dalam daging olahan tersebut. Di mana hal ini, beresiko pada penyakit jantung koroner. Panaskanlah daging olahan, langsung di atas wajan dengan panas api dari kompor.

(dno)

Baca Juga

Fenomena <i>Naive Subject</i> Picu Konsumsi Gula, Garam dan Lemak Berlebih

Fenomena Naive Subject Picu Konsumsi Gula, Garam dan Lemak Berlebih