Pelayan Cuek Terhadap Tamu, Ciri Restoran Buruk dan Tidak Pantas Disambangi!

Pelayan Cuek Terhadap Tamu, Ciri Restoran Buruk dan Tidak Pantas Disambangi!

Ilustrasi restoran buruk (Foto: Mashed)

SAAT memilih untuk bersantap di luar rumah, dengan mendatangi sebuah restoran. Terkadang kita ingin keluar dari kebiasaan, dengan mencoba mendatangi restoran yang sebelumnya tidak pernah didatangi.

Agar tidak bingung, apakah restoran yang baru didatangi tersebut apakah sebuah restoran yang baik dan berkualitas atau tidak layak untuk disambangi kembali. Simak dulu yuk, sederet tanda restoran yang buruk di bawah ini!

Tidak ada petugas di pintu depan 

Salah satu hal simpel untuk menandakan sebuah restoran baik atau tidak, ialah dengan keberadaan petugas di bagian pintu depan. Jika tidak ada petugas di pintu depan, yang seharusnya membukakan pintu dan menyapa setiap tamu yang datang. Ini adalah tanda simpel, bahwa restoran yang sedang dikunjungi tersebut adalah restoran yang buruk.

Diacuhkan 

Dalam dunia industri restoran, sejatinya telah ada peraturan bahwa meja yang sudah berisi tamu pengunjung harus didatangi oleh pelayan atau petugas yang bertugas dalam kurun waktu 60 detik.

Saat berada di restoran, dan sudah duduk di kursi namun Anda tidak disapa oleh petugas, atau manager restoran untuk sekedar memberikan daftar menu atau memberitahukan bahwa restoran sedang cukup ramai. Padahal petugas terlihat mondar-mandir di depan Anda dengan acuh, ini adalah indikasi jelas restoran tersebut adalah restoran yang buruk.

Buku menu dan meja kotor

Tidak ada alasan untuk membiarkan meja-meja yang ada dibiarkan berantakan dan kotor begitu saja, begitu juga dengan buku menu yang kotor. Sejatinya, jika para staff yang ada telah dilatih sedemikian rupa untuk memperhatikan segala aspek yang ada di restoran, pada dasarnya para staff akan dengan senang hati membereskan pekerjaan yang terlantar, tidak hanya sekedar pekerjaan tertulis mereka masing-masing.

Staff cuek dan tampak tidak fokus 

Semua yang bekerja dalam dunia industri service atau pelayanan, pasti sudah pernah merasakan jam kerja yang panjang dan tidak beraturan yang terkadang membuat semangat atau mood menjadi turun. Namun, ini bukan untuk menjadi alasan bagi staff restoran untuk bersikap cuek, tidak memberikan senyum, bahkan sampai tidak fokus dalam melayani tamu yang datang.

Karena sebagaimana dikutip Mashed, Selasa (18/7/2017) para staff restoran yang andal sudah paham untuk mengatasi mood bekerja yang turun, misalnya dengan tersenyum sebisa mungkin hingga meminta tolong dengan bertukar jam shift bekerja dengan rekan sejawat. Saat restoran yang didatangi, hadir dengan para staff yang tampak cuek kepada tamu atau bahkan sibuk sendiri. Ini adalah juga salah satu indikasi jelas, management restoran tersebut tidak dijalankan dengan baik dan optimal sebagaimana seharusnya.

(dno)

Baca Juga

4 Makanan Termahal di Dunia Ternyata dari Indonesia, Ada Ayam Cemani yang Penuh Mistis Dibanderol Selangit

4 Makanan Termahal di Dunia Ternyata dari Indonesia, Ada Ayam Cemani yang Penuh Mistis Dibanderol Selangit