6 Kuliner Jepang Tidak Kalah Lezat dari Sushi & Ramen, Soup Miso Patut Dijajal

6 Kuliner Jepang Tidak Kalah Lezat dari Sushi & Ramen, Soup Miso Patut Dijajal

Miso soup kuliner khas Jepang (Foto:Cnntravel)

APA yang terlintas di benak Anda ketika mendengar makanan Jepang? Biasanya yang langsung terbayang oleh banyak orang adalah sushi atau ramen. Padahal, masih banyak makanan Jepang lain yang rasanya tidak kalah enak.

Bahkan, ada beberapa makanan yang namanya jarang terdengar. Dilansir dari CNN, inilah beberapa makanan Jepang yang jarang diketahui dan bisa Anda temui ketika berlibur ke Jepang di wilayah Tohoku;

1. Shiso maki

Terkenal sebagai wilayah yang memiliki banyak buah kenari, makanan di wilayah ini menghadirkan makanan yang terbuat dari buah kenari salah satunya adalah shiso maki. Makanan ini terbuat dari daun shiso yang digulung kecil dan berisi bahan-bahan seperti buah kenari, miso , serta shicimi togarashi. Biasanya makanan ringan yang dipanggang dengan minyak wijen ini dimakan sewaktu berpergian.

 

2. Harako meshi

Makanan Jepang biasanya berisi ikan salmon. Bila biasanya salmon dimakan langsung, di makanan ini, irisan salmon dikukus lalu dipipihkan. Kemudian salmon akan diletakkan di atas nasi bersamaan dengan sesendok kaviar atau telur ikan.

3. Kaki no dote nabe

Makanan ini adalah soup miso yang berisi sayuran dan kuahnya kental karena kaldu dituangkan sedikit demi sedikit. Lalu setelah mendidih, soup miso akan dicampurkan dengan tiram. Karena biasanya tiram hanya memerlukan waktu sebentar untuk di masak.

4. Michinoku kokeshi bento

 

Stasiun kereta api di seluruh Jepang selalu menjual kotak makan siang yang dikenal dengan nama ekiben. Ekiben biasanya berisi hidangan lokal. Pada menu makanan ini, makanan yang disajikan berbentuk boneka kokeshi dan berisi tahu goreng serta sayuran.

5. Matsu no mi shira ae, kaki utsuwa

Makanan ini berisi buah musim gugur yang dicampur dengan saus tahu kacang pinus. Buah yang biasa digunakan adalah kesemek yang dipotong dan diletakkan di sebuah cangkang. Beberapa buah lain seperti anggur, pir, dan apel segar juga biasa menjadi pilihan untuk disajikan.

6. Kocok kobu maki

 

Makanan ini berisi gulungan roti panggang dan diikat dengan pita labu. Gulungan biasanya berisi nisha migaki dan ikan yang dikeringkan. Makanan ini biasanya disajikan sebagai makanan pembuka dan bersama dengan side dishes lainnya.

(ndr)

Baca Juga

4 Makanan Termahal di Dunia Ternyata dari Indonesia, Ada Ayam Cemani yang Penuh Mistis Dibanderol Selangit

4 Makanan Termahal di Dunia Ternyata dari Indonesia, Ada Ayam Cemani yang Penuh Mistis Dibanderol Selangit