Lezatnya Mazesoba, Mi Khas Jepang hingga Nasi Goreng Jepang untuk Makan Siang

Lezatnya Mazesoba, Mi Khas Jepang hingga Nasi Goreng Jepang untuk Makan Siang

Menu Mazeoba (Foto:Dimas/Okezone)

KULINER Jepang memang sudah kesohor kelezatannya di dunia internasional. Selain sushi dan ramen atau udon, sejumlah kuliner Jepang pun nyatanya tidak kalah lezat.

Di Ibu Kota pun tidak sulit mencari gerai atau restoran Jepang dengan berbagai menu suguhan yang jadi andalannya.

Nah jika Anda siang ini ingin makan siang dengan berbagai menu khas Jepang, berikut Okezone rekomendasikan restoran yang bisa Anda sambangi dengan rekan kerja.

Mencicipi Mazesoba, Mi Jepang yang Beda

SELAIN ramen dan udon, Jepang ternyata memiliki beragam olahan mi yang tak kalah lezatnya. Nah, salah satu makanan yang sedang naik daun saat ini adalah Tokyo Mazesoba.

Sedikit tentang Tokyo Mazesoba, hidangan ini berasal dari Tokyo Ramen yang diinovasikan oleh seorang chef asal Taiwan yang membuka restoran di Nagoya, Prefektur Aichi, Jepang. Salah satu ciri khas Tokyo Mazesoba adalah cita rasa pedas karena disajikan dengan tambahan merica merah.

Berbeda dengan ramen, mazesoba disajikan dalam keadaan kering tanpa kuah. Selain itu, tekstur dan warna minya pun tidak sekuning ramen dan setebal udon.

Sejak diluncurkan pada 2008, popularitas mazesoba kini sudah merambah hingga ke sejumlah negara di dunia, termasuk Indonesia. Di Indonesia sendiri, olahan mazesoba dikelola oleh sebuah franchise ternama yakni, Kokoro Mazesoba.

Pada acara grand launching gerai Kokoro Mazesoba di Gandaria City, Jakarta Selatan, Okezone berkesempatan mencicipi salah satu menu andalan mereka yakni, Zenbu Nose Maze-Soba.

 

Hidangan ini terbuat dari olahan mi lezat dengan topping utama yakni “Taiwan mice” atau daging cincang berumbu kecap asin, merica merah, dan bawang putih. Untuk menambah cita rasanya, zenbu nose maze-soba juga disajikan dengan berbagai topping tambahan yang terdiri dari daun bawang, bubuk ikan kering, dan kuning telur.

Bagi Anda yang belum pernah mencicipi mazesoba, mungkin akan sedikit terkejut dengan cita rasa gurihnya yang sangat kuat. Meski hidangan ini disajikan tanpa kuah kaldu, tekstur minya tetap terasa kenyal lembut dan sedikit agak basah.

Seperti yang telah Okezone sampaikan sebelumnya, cara menyantap mazesoba cenderung berbeda dengan ramen atau udon. Hal ini juga disampaikan langsung oleh Chef Takuma Ishikawa selaku Founder Kokoro Mazesoba Indonesia.

 

“Setelah menambahkan bawang putih parut, mazesoba harus diaduk hingga bumbu dan sausnya meresap ke dalam mi,” tutur Takuma kepada Okezone, di Gandaria City, Jakarta Selatan.

Ia menambahkan, salah satu kesalahan umum yang sering dilakukan sebagian orang ketika menyantap mazesoba adalah membiarkan hidangan tersebut terlalu lama.

“Paling tidak 2 menit setelah dihidangkan, mazesoba harus diaduk. Jika dibiarkan terlalu lama, bumbu dan sausnya akan menggumpal. Sehingga rasa asinnya akan terasa begitu kuat,” tambah Takuma.

Nah, bagi Anda yang tertarik untuk mencicipi hidangan ini, satu porsi zenbu nose maze-soba dijual dengan harga Rp95 ribu++.

 

Mencicip Nikmatnya Sushi, Ramen hingga Nasi Goreng Jepang

BEGITU banyak makanan Jepang yang rasanya cocok di lidah orang Indonesia, sebut saja sushi, ramen hingga shabu-shabu. Namun banyak restoran Jepang yang hanya menyajikan hidangan spesialisasi misalnya khusus menghidangkan sushi padahal sebagai foodies pastinya selera ingin dimanjakan tanpa tanggung-tanggung.

Jika Anda termasuk pencinta berbagai masakan khas Jepang, di Jakarta ada restoran yang sekaligus menyajikan berbagai hidangan Jepang. Anda bisa memanjakan lidah di Sekai Shabu & Sushi.

 

Okezone beberapa waktu lalu berkesempatan mencicipi beberapa hidangan andalan dari restoran ini seperti sushi, ramen dan nasi goreng ala Jepang. Untuk sushi yang jadi andalan, resto ini mengunggulkan kizami unagi yakni daging belut cincang yang disajikan dengan saus rayu, makimono eel spring berupa sushi dengan isi belur, crabstick, selada dan segarnya timun jepang, California sushi yakni paduan sempurna antara crab stick, selada, timun jepang, tamago, alpukat dan topping tobiko serta sajian aburi salmon yang menghadikan salmon segar dengan crabstick, tanuki, timun jepang, tobiko dan disajikan bersama abon sapi serta saus teriyaki.

Tak hanya sushi, Okezone juga mencicip ramen yang diberi nama gyuniku ramen yakni suguhan mi jepang yang disajikan dengan irisan tipis daging sapi kualitas premium serta disiram dengan kuah sup miso. Hmm ramen ini punya paduan rasa gurih mantap khas Jepang yang cocok di lidah Indonesia. Ramen hangat ini semakin nikmat karena disajikan hangat.

 

Mau makan nasi? Tenang karena ada pilihan menu nasi goreng ala Jepang. Menu ini dikenal dengan sebutan cahang yakimeshi yakni nasi goreng ala Jepang yang dimasak dengan campuran telur, jagung, potongan ikan salmon dan bumbu khas yang menunjukkan rasa khas Jepang yang berbeda dengan nasi goreng ala Indonesia.

Fukuro Dining

 

Terletak di jantung kota Jakarta, Fukuro Dining hadir dengan menawarkan sederet kuliner khas Jepang. Resto ini menawarkan sensasi makan hidangan Jepang dengan cara teppanyaki. Setiap pengunjung yang datang akan mendapatkan pengalaman baru melihat proses pembuatan makanan yang dimasak di atas wajan datar ala Jepang. Bahkan untuk menjaga keaslian rasanya, koki dari Jepang pun ikut diboyong. Berbagai hidangan mulai dari sushi, okonomiyaki, salad hingga steak bisa dicoba di restoran ini. Berlokasi di kawasan SCBD Sudirman, resto ini juga didesain unik dengan sentuhan khas ala Jepang.

(ndr)

Baca Juga

4 Makanan Termahal di Dunia Ternyata dari Indonesia, Ada Ayam Cemani yang Penuh Mistis Dibanderol Selangit

4 Makanan Termahal di Dunia Ternyata dari Indonesia, Ada Ayam Cemani yang Penuh Mistis Dibanderol Selangit